Jumat 04 Dec 2020 17:49 WIB

Harimau Berkeliaran di Danau Kembar Solok Belum Tertangkap

Keberadaan harimau yang masih berkeliaran ini meresahkan warga setempat.

Harimau Sumatera . ilustrasi
Foto: SYIFA YULINNAS/ANTARA
Harimau Sumatera . ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, AROSUKA -- Harimau sumatera yang berkeliaran di ladang warga di Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat belum berhasil masuk perangkap. Keberadaan harimau yang masih berkeliaran ini meresahkan warga setempat.

"Harimau itu masuk ke ladang warga di Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, dan meresahkan warga setempat," kata Camat Danau Kembar Eka Putra di Kecamatan Danau Kembar, Jumat (4/12).

Baca Juga

Ia mengimbau warga di daerah itu tidak panik dan menyarankan supaya pergi ke ladang tidak sendirian. "Kalau bisa pergi ke ladang berkelompok atau ada yang menemani. Kalau masih sendiri lebih baik di rumah dulu," kata Eka menyarankan.

Ia mengatakan saat ini petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar bersama tim dokter hewan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD) terus melakukan penghalauan dan upaya penangkapan. Saat ini BKSDA Sumbar telah memasang dua perangkap, yakni di Jorong Lurah Ingo dan Jorong Rawang Gadang, di tempat harimau sering muncu.

Eka berharap semoga harimau tersebut segera masuk ke dalam perangkap yang telah dipasang agar secepatnya dilepaskan ke habitatnya. Menurutnya jika harimau tersebut masih berkeliaran dan belum kembali ke habitatnya akan berdampak terhadap warga di daerah itu yang mayoritas pekerjaan mereka sebagai petani.

"Kalau terlalu lama tentu para petani tidak bisa ke ladang untuk memupuk tanaman mereka. Sementara tanaman itu butuh perawatan," kata dia.

Ia menyebutkan berdasarkan keterangan BKSDA Sumbar harimau tersebut ada dua ekor. Diperkirakan satu ekor berkeliaran di Jorong Lurah Ingo dan satu ekor lagi di Jorong Rawang Gadang.

Sebelumnya, kemunculan seekor harimau itu meresahkan warga Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada Rabu (2/12).

Camat Danau Kembar Eka Putra mengatakan harimau Sumatera itu muncul di dua tempat sebanyak empat kali.

"Berdasarkan informasi dari warga setempat, harimau tersebut muncul di daerah Jorong Lurah Ingo, Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, saat pagi hari dan memangsa anjing milik warga," kata Eka.

Setelah itu, harimau yang berukuran besar tersebut tidur di pinggir jalan dekat rumah warga. Bahkan saat warga sempat mengarahkan cahaya senter ke arah harimau, hewan buas itu tidak lari menjauh, tetapi malah makin mendekati warga.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement