Rabu 04 Nov 2020 14:54 WIB

43 Buaya Lepas, BPBD Kota Tangerang Tingkatkan Penyisiran

BPBD Kota Tangerang belum memastikan kebenaran kabar 43 buaya lepas.

Rep: Eva Rianti/ Red: Indira Rezkisari
Buaya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melakukan peningkatan penyisiran terkait beredarnya informasi 43 buaya yang lepas.
Foto: EPA
Buaya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melakukan peningkatan penyisiran terkait beredarnya informasi 43 buaya yang lepas.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melakukan peningkatan penyisiran terkait beredarnya informasi 43 buaya yang lepas. Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koswara, menuturkan buaya lepas dari sebuah penangkaran di aliran Sungai Cisadane menuju kawasan Tangerang, Banten.

"Ada berita 43 ekor buaya lepas dari Sungai Cisadane, kami akhirnya meningkatkan operasi rutin untuk melakukan patroli," tutur Deni kepada wartawan, Rabu (4/11). BPBD sudah melakukan penyisiran dari kemarin (3/11) saat pesan berantai terkait buaya lepas mulai beredar.

Baca Juga

Deni menjelaskan, terus berkoordinasi dengan sejumlah kalangan seperti BPBD Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor, serta Tagana Kota Tangerang dalam menanggapi informasi lepasnya puluhan buaya tersebut serta upaya antisipasi dalam menanganinya.

"Kita terus koordinasi kalau ada terjadi sesuatu di hulu sana karena pasti akan berakhir di Kota Tangerang," terangnya. Dia mengimbau masyarakat agar selalu waspada, meskipun menurut Deni belum bisa mengonfirmasi kebenaran berita lepas 43 ekor buaya.

"Berita ini sampai hari ini kebenarannya perlu dipertanyakan, tapi kami tetap mengimbau kepada warga yang ada di pinggiran Kali Cisadane tetap waspada, jangan sampai ada hal-hal yang tidak kita inginkan. Tapi jangan terlalu resah," katanya. Masyarakat diharapkan bisa tenang dan tidak mudah termakan oleh isu.

Kabar sebanyak 43 buaya lepas dari penangkaran di Sungai Cisadane yang berada di wilayah Bogor beredar lewat pesan berantai WhatsApp. Info pesan tersebut mengatakan buaya lepas telah sampai kawasan Kota Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement