Selasa 06 Oct 2020 23:32 WIB

Detasemen Gegana Polda Maluku Sterilkan Pusat Perbelanjaan

Ada sejumlah pemuda yang nongkrong di luar rumah tanpa mematuhi protokol kesehatan.

Detasemen Gegana Polda Maluku Sterilkan Pusat Perbelanjaan (ilustrasi).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Detasemen Gegana Polda Maluku Sterilkan Pusat Perbelanjaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,AMBON -- Tim Disinfeksinasi dari Subden 3 KBR Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku kembali melakukan sterilisasi berupa penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi masyarakat di Kota Ambon.

"Langkah ini merupakan respons kami guna mencegah munculnya kluster baru penyebaran virus corona di tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan merambah ke kluster rumah tangga," kata Dansat Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Guntur di Ambon, Selasa (6/10).

Aksi penyemprotan dipimpin Ipda A. Manullang bersama 10 anak buahnya dengan menggunakan mobil khusus. "Penyemprotan ini bertujuan untuk meminimalisir peningkatan jumlah pasien yang terjangkit virus corona yang sekarang sudah merebak hingga seluruh dunia terutama Indonesia dan khususnya Ambon," katanya.

Sementara Ipda A. Manullang menjelaskan, penyemprotan cairan disinfektan ini masih dikenal cukup ampuh dalam menanggulangi penyebaran bakteri bahkan virus yang telah bermukim di berbagai fasilitas dan bangunan umum yang sering dikunjungi masyarakat.

Selain pusat-pusat perbelanjaan, tim juga menyemprot sejumlah pertokoan dan lapak serta jalan protokol di kawasan Jalan AY Patty dan lapak serta pertokoan di kawasan Jalan Sam Ratulangi.

"Mulai dari pegangan pintu hingga seluruh sisi bagunan juga menjadi sasaran penyemprotan, termasuk lantai, kursi-kursi, ruangan yang ada serta fasilitas seperti toilet, tempat parkir, basemen dan fasilitas lain yang sering terkena sentuhan tangan para pengunjung," ujarnya.

Intensifkan patroli

Untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran virus corona serta menjaga kondisi keamanan di Kabupaten Maluku Tengah, personil Satuan Sabhara Polres setempat mengintensifkan patroli di Kota Masohi.

Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi mengatakan, patroli yang dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya sejumlah aksi kejahatan maupun membubarkan remaja dan pemuda yang berkumpul dan nongkrong di jalanan.

Menurut Kapolres, dalam kegiatan Patroli ini personil Sabhara menemukan ada sejumlah pemuda yang nongkrong di luar rumah tanpa mematuhi protokol kesehatan. "Patroli Blu Light yang dipimpin oleh Kasat Sabhara dalam pelaksanaan kegiatan Patroli telah menemukan, dan membubarkan komplotan anak remaja yang duduk nongkrong di seputaran jalan belakang PLN arah pantai tidak menaati protokol kesehatan terutama menggunakan masker," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement