Jumat 02 Oct 2020 22:10 WIB

Banjarmasin Buat Jalur Khusus Sepeda di Dua Jalan Protokol

Pembangunan jalur khusus sepeda tersebut dilengkapi tempat parkir.

Jalur ilustrasi
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Jalur ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Banjarmasin sedang membuat jalur khusus untuk sepeda di dua jalan protokol, yakni, jalan A Yani dan jalan Brigjen Hasan Basri.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik , mengatakan pembangunan jalur khusus sepeda tersebut dilengkapi tempat parkir. "Tempat parkir itu dibuat agar pesepeda bisa beristirahat," ujarnya.

Baca Juga

Khusus pembuatan parkir sepeda di jalur sepeda di dua jalan protokol itu diserahkan ke sponsor. "Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Grab untuk di buatkan parkir sepeda itu," ungkap Ichwan.

Lebih lanjut dia menerangkan parkir sepeda tersebut semata-mata dibuat untuk menunjang jalur sepeda yang dilintasi para pesepeda di Kota Banjarmasin agar ada tempat peristirahatan.

"Kita targetkan Desember ini rampung semuanya," ucap Ichwan.

Sebab, desain dan contoh jalur yang dibuat itu sudah dilaksanakan, tinggal proses pengerjaan lebih lanjutnya.

Menurut dia, untuk membuat jalur itu menjadi perhatian pengendara lain, tidak hanya dibuat garis, tapi juga akan dipasang stick cone. "Stick cone adalah alat pembatas antara lajur sepeda dengan lajur lainnya," katanya.

Menurut dia, jalur sepeda dengan adanya stick cone ini diklaimpertama kalinya dipasang di jalur sepeda di Indonesia.

"Stick cone ini elastis, bila tertabrak tidak apa-apa, dia rebah nanti berdiri sendiri lagi, jadi utuh ke semula lagi, pembatas aman, mobil yang nabrak juga aman," ujarnya.*

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement