Kamis 01 Oct 2020 07:20 WIB

Tiga Pekerjaan Konstruksi Tol Pondok Aren-Serpong Dimulai

Tol Pondok Aren-Serpong tersebut dibangun untuk mengatasi kemacetan dan banjir.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Bintaro Serpong Damai memulai tiga pekerjaan konstruksi di Tol Pondok Aren-Serpong. Tol tersebut dibangun untuk mengatasi kemacetan dan banjir yang terjadi di wilayah tersebut.

“Tiga pekerjaan konstruksi di Tol Pondok Aren-Serpong ini bisa menyerap lebih dari seribu pekerja, tentu ini hal yang menggembirakan,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian pada acara groundbreaking tiga pekerjaan konstruksi di Tol Pondok Aren-Serpong secara virtual, Rabu (30/9).

Baca Juga

Hedy memastikan, Kementerian PUPR  mendorong kegiatan pembangunan infrastruktur terus berjalan. Dia menilai, kegiatan infrastruktur merupakan salah satu sektor yang dapat menggerakan perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Tiga pekerjaan tersebut yakni proyek konstruksi tidak sebidang ramp junction Serpong dengan exit ramp Pamulang untuk mencegah potensi kecelakaan. Kedua, konstruksi penanganan banjir kilometer delapan untuk mencegah terjadinya banjir yang disebabkan adanya persilangan dengan Kali Cibenda sehingga terjadi penyempitan sungai menuju Situ Parigi dan penurunan kapasitas saluran air di bawah jalan tol.

Ketiga, lanjut Hedy, konstruksi tidak sebidang akses on ramp Rawa Buntu pada Jalan Tol Ruas Pondok Aren – Serpong untuk menghilangkan pertemuan kendaraan yang keluar dari Tol Pondok Aren – Serpong dan yang akan masuk jalan tol. “Selain itu juga untuk mengatasi kemacetan akibat aktivitas penumpang atau kendaraan di Stasiun Rawabuntu,” ujar Hedy.

Dia menambahkan, untuk konstruksi tidak sebidang ramp junction Serpong dengan exit ramp Pamulang akan dibangun tiga ramp. Ketiganya yakni Ramp 1 Jakarta – Pamulang sepanjang 1.067 meter, Ramp 2 Kunciran/Cinere – Serpong sepanjang 915 meter dan Ramp 3 Kunciran/Cinere – Pamulang sepanjang 469 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement