Selasa 22 Sep 2020 21:40 WIB

GAMKI Solo Salurkan Paket Bantuan Sembako di Tiga Kabupaten

Sebelumnya dilakukan pendataan masyarakat bantuan agar tepat sasaran.

Prosesi penyerahkan bantuan oleh GAMKI Solo.
Foto: Dok. Gmk
Prosesi penyerahkan bantuan oleh GAMKI Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI – DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Solo membagikan sebanyak 55 paket sembako bantuan dari Kementerian Sosial RI.

Pembagian sembako ini merupakan kerjasama antara Relawan Pemuda untuk Desa Siaga Covud-19 GAMKI bersama dengan Kementerian Sosial RI.

Ketua DPC GAMKI Solo, Dina Widyastuti mengatakan nama-nama penerima bantuan sembako tersebut didapatkan melalui pendataan langsung ke masyarakat.

“Kami melakukan pendataan langsung warga terdampak Covid-19. Kemudian, data tersebut kami serahkan ke Dinas Sosial masing-masing kabupaten untuk dilakukan verifikasi. Untuk kemudian mendapatkan surat rekomendasi,” kata Dina sapaan akrabnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (22/9).

Ia mengatakan, GAMKI mengajukan bantuan sembako untuk masyarakat di tiga kabupaten di Jawa Tengah, di antaranya adalah Kabupaten Boyolali sebanyak 24 KK, Kabupaten Karanganyar 6 KK, dan Kabupaten Sragen 25 KK.

“Aksi pembagian paket sembako disambut dengan baik oleh warga penerima bantuan. Banyak warga menunjukkan raut bahagia, walau tertutup masker. Mereka mengucapkan terima kasih atas upaya relawan GAMKI dalam memperjuangkan bantuan sembako untuk mereka,” ujar Dina.

Dina mengatakan, bantuan sembako ini sudah ditunggu-tunggu oleh warga sejak dari awal relawan melakukan pendataan. Hingga pada akhirnya, bantuan turun dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Menjadi sebuah pembuktian bahwa bantuan dari Kemensos yang diinformasikan oleh GAMKI benar-benar ada dan sampai ke masyarakat. Mengingat beberapa warga ada yang sempat curiga jika data yang kami minta, nantinya akan disalahgunakan,” katanya.

GAMKI Solo membagikan sembako melalui koordinator setiap kabupaten, antara lain Yovika Chrisna Artanti Putri untuk Kabupaten Boyolali, Daniel Sunu Pradana untuk Kabupaten Karanganyar, dan Derek Gesang Karsanto untuk Kabupaten Sragen.

“Terima kasih untuk semua tim yang telah sama-sama melakukan pelayanan ini. Baik koordinator, maupun teman-teman lainnya,” kata Dina.

Hal senada disampaikan Yanni Kainama, Koordinator Nasional Relawan Pemuda untuk Desa Siaga Covid-19 GAMKI. Meskipun data penerima bantuan sudah lama diajukan, tetapi manfaatnya tetap dapat dirasakan warga yang terdampak.

“Terima kasih untuk Kemensos RI yang telah memberikan kepercayaan kepada GAMKI untuk menjadi perpanjangan tangan, dalam hal ini membagikan bantuan sembako kepada warga di Jawa Tengah. Kita yakin dan percaya, untuk data daerah lain yang telah kita ajukan, juga akan segera diturunkan oleh pihak Kemensos,” kata Yanni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement