Rabu 09 Sep 2020 19:30 WIB

19 Tahun Demokrat, Ini Pesan AHY untuk Para Kader

Kader Partai Demokrat harus selalu berani memperjuangkan harapan rakyat.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan sambutan di depan jajaran Fraksi Partai Demokrat, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/8).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan sambutan di depan jajaran Fraksi Partai Demokrat, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat merayakan hari jadinya yang ke-19 tahun, Rabu (9/9) ini. Partai berlogo bintang tiga merah putih itu menasbihkan diri sebagai anak kandung reformasi. 

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono pun memberikan pesan pada para kader Demokrat. AHY, sapaan akrab Agus, mengajak seluruh kader, pendukung, dan simpatisan Partai Demokrat untuk menyatukan langkah dalam mengatasi pandemi dan permasalahan yang ada di Indonesia. Terlebih, ulang tahun ini dirayakan di tengah Pandemi Covid-19.

"Mari bersama menjadi bagian dari solusi terbaik bagi bangsa, membantu menyelamatkan ekonomi negara, merawat demokrasi dan selalu menjadi yang terdepan untuk membantu rakyat kita," kata AHY dalam keterangan resmi, Rabu (9/9).

AHY juga mengajak untuk terus lanjutkan kerja kita untuk bantu atasi Covid-19, bantu pemulihan ekonomi, dan bantu kesulitan rakyat. Kader Partai Demokrat, menurut AHY, harus selalu berani memperjuangkan harapan rakyat dan wujudkan mimpi besar menuju Indonesia Emas 2045.

"Insya Allah, kita akan dikaruniai kekuatan dan banyak kemudahan untuk mengubah segala tantangan menjadi peluang, mengubah ancaman menjadi kesempatan," ujar putra sulung Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Perayaan ulang tahun Demokrat kali ini digelar sederhana dengan protokol Covid-19 di Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi No.41. AHY juga sekaligus meresmikan renovasi kantor, rapat pengurus pleno virtual, peresmian seragam baru Partai Demokrat, dan syukuran sederhana HUT ke-19 Partai Demokrat.

Sepak Terjang Demokrat 

Sejak didirikan, Partai Demokrat telah mengikuti empat kali Pemilu. Suara Demokrat naik turun. Namun, Demokrat masih tetap 'langganan' meloloskan kadernya di Parlemen. Demokrat juga menempatkan kader-kadernya di berbagai posisi dari presiden hingga kepala daerah. I 

Menurut laman resmi Demokrat, partai itu didaftarkan ke Departemen Kehakiman dan HAM RI pada tanggal 10 September 2001. Di tahun debutnya mengikuti Pemilu Legislatif tahun 2004, Partai Demokrat berhasil meraih peringkat ke 5 dengan meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan 57 kursi di DPR. Saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan kader Demokrat berhasil memenangi Pilpres, berpasangan dengan Jusuf Kalla. 

Pemilu tahun 2009 kemudian menjadi masa kejayaan Partai Demokrat. Partai Demokrat berhasil menjadi Pemenang Pemilu Legislatif 2009 dengan memperoleh 150 kursi (26,4 persen) di DPR RI, setelah mendapat 21.703.137 total suara (20,4 persen). SBY juga kembali menang Pilpres bersama Boediono. 

Pada Pemilu 2014, jumlah perolehan suara dan perolehan kursi di DPR untuk Partai Demokrat menurun. Demokrat berada di posisi keempat dari 10 partai di DPR, dengan perolehan suara sebanyak 10,19 persen suara nasional (12.728.913).

Pada Pemilu 2019, jumlah perolehan suara dan perolehan kursi di DPR untuk Partai Demokrat kembali menurun. Demokremenempati posisi ketujuh dari 9 partai di DPR, dengan perolehan suara sebanyak 7,77 persen suara nasional (10.876.507).

Pada Kongres ke-V Partai Demokrat tanggal 15 Maret 2020, Agus Harimurti Yudhoyono terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Masa Bakti 2020 – 2025. AHY merupakan ketua Demokrat yang didapuk untuk melanjutkan kepemimpinan ayahnya, SBY. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement