Sabtu 05 Sep 2020 13:58 WIB

Pemda di Jabar Sebut Bantuan Mesin PCR Sangat Bermanfaat

Pihak swasta diminta berkontribusi maksimal dalam mengatasi pandemi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat menerima bantuan PCR untuk daerahnya dari Sampoerna.
Foto: Dok. Pem
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat menerima bantuan PCR untuk daerahnya dari Sampoerna.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebut bantuan sejumlah mesin berteknologi reaksi berantai polimerase atau PCR yang diterima oleh daerahnya sangatlah bermanfaat. Bantuan PCR yang disertai kelengkapannya itu disalurkan oleh HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna).

Emil, demikian sapaan akrabnya mengatakan, bantuan yang disalurkan melalui Yayasan STAPA Center ini akan sangat membantu pencegahan penularan virus corona.

"Donasi seperti ini adalah bentuk bela negara," ujar Kang Emil, sapaan Ridwan, ketika  menerima bantuan secara simbolik di Gedung Pakuan Bandung, Jawa Barat, seperti dalam keterangannya, Sabtu (5/9).

Emil pun mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan para perusahaan swasta terhadap warga Jabar.

"Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan seluruh masyarakat Jawa Barat, saya ucapkan terima kasih dan saya doakan bisnis bapak/ibu diberikan kelancaran dan kesuksesan. Tetap produktif walau harus beradaptasi dengan protokol kesehatan," kata Emil.

Pada kesempatan tersebut, Emil juga sempat memberikan pesan kepada pihak swasta untuk memperketat protokol kesehatan di perusahaan masing-masing. Tak hanya itu, ia pun mengingatkan agar para pengusaha senantiasa menekankan pentingnya pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19 kepada para karyawannya.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, bantuan mesin PCR ini sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis dan warga Karawang.

"Semoga kebaikan yang dilakukan Sampoerna bisa menular ke pihak lain, untuk turut serta melakukan hal yang sama," ujar Cellic.

Direktur Sampoerna Elvira Lianita menyebutkan mesin PCR yang didedikasikan kepada para tenaga medis dan warga Jabar mampu memeriksa lebih dari 60 spesimen Covid-19 per jam. Bantuan ini, kata dia, merupakan komitmen pihaknya, sebagai salah satu warga usaha di Jabar, dalam mendukung Pemprov Jabar dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

"Kami berharap bantuan ini dapat turut mempercepat pemeriksaan sampel usap terhadap warga Jabar. Dengan demikian, warga yang tidak terpapar Covid-19 dapat segera beraktivitas kembali," ujar Elvira.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement