Selasa 01 Sep 2020 02:54 WIB

Taman Margasatwa Ragunan Dilengkapi Mobil Tenaga Surya

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan.

Taman Margasatwa Ragunan Dilengkapi Mobil Tenaga Surya.
Foto: istimewa
Taman Margasatwa Ragunan Dilengkapi Mobil Tenaga Surya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Taman Margasatwa Ragunan Jakarta kini dilengkapi 6 unit mobil golf listrik berteknologi canggih. Mobil bertenaga surya tersebut untuk dimanfaatkan oleh pengunjung Taman Margasatwa Ragunan. 

Mobil listrik tersebut dilengkapi dengan teknologi photovoltaic (PV) yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik untuk  menjalankan audio yang melekat pada masing-masing mobil tersebut. PV dikembangkan untuk mendukung program pemanfaatan energi terbarukan.

Mobil tersebut merupakan donasi dari PT. Paiton Energy mendonasikan 6 (enam) unit  kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk dimanfaatkan oleh pengunjung Taman Margasatwa Ragunan. Harga per unit mobil listrik tersebut sebesar Rp.283.800.000. Adapun total nilai donasi dari Paiton Energi Rp.1.897.800.000 termasuk untuk biaya pemeliharaan selama 36 bulan.

Donasi telah diserahkan Presiden Direktur PT Paiton Energy, Koichiro Miyazaki kepada Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Ir. Widodo di Taman Marga Satwa Ragunan. Paiton Energy mendonasikan mobil listrik ke Taman Margasatwa karena kebon binatang merupakan fasilitas yang ideal untuk mengenalkan masyarakat perkotaan mengenai lingkungan hidup, sehingga kemudian ikut mencintai alam. 

Jadi mobil listrik tersebut tidak hanya bermanfaat untuk mengelilingi kompleks Taman Margasatwa secara ramah lingkungan, tapi juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan. 

Penggunaan mobil listrik ini salah satu langkah nyata dalam membuat Jakarta menjadi kota dengan udara bersih dan lingkungan yang sehat. “Kami juga merasa terhormat menerima dukungan positif dari Pemerintah DKI Jakarta,” kata Presiden Direktur Paiton Energy Koichiro Miyazaki dalam siaran pers kepada Republika.co.id, Senin (31/8).

Sebelumnya, Paiton Energi juga telah memberikan donasi berupa Penyediaan stasiun listrik bertenaga surya, stasiun pengisian listrik, dan motor listrik kepada Taman Margasatwa pada 2018.  

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement