Sabtu 29 Aug 2020 01:47 WIB

Ratusan Unggas di Gorontalo Mati Mendadak

Thethelo menjadi penyebab matinya ratusan unggas secara mendadak di Gorontalo Utara

Seorang peternak ayam
Foto: dok. Istimewa
Seorang peternak ayam

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO - Penyakit 'New Castle Disease' (ND) atau yang lebih dikenal dengan nama Thethelo, menjadi penyebab matinya ratusan unggas secara mendadak di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

"Dalam kurun waktu sepekan ini, Thethelo menyerang ratusan unggas baik bebek maupun ayam di daerah ini. Bahkan peristiwa terbaru terjadi, di Desa Kota Jin Utara, Kecamatan Atinggola," ujar kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Gorontalo Utara, Asrin Menu, Jumat (28/8)

Ia mengatakan, langsung menurunkan tim dari bidang terkait beserta satu orang dokter hewan, untuk mengecek langsung kematian bebek di Desa Kota Jin Utara.

Hasilnya, melalui tes cepat (rapid test) puluhan bebek tersebut nonreaktif H5N1 atau flu burung. Begitu pula dengan puluhan ayam yang mati mendadak di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang.

"Memang secara fisik pada kematian unggas, Thethelo mirip dengan flu burung, namun tes cepat yang dilakukan menyatakan tidak. Perubahan dari musim hujan ke musim kemarau, bahkan dalam minggu terakhir ini intensitas hujan cukup sering dengan cuaca panas, menjadi penyebab serangan Thethelo," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement