Kamis 27 Aug 2020 22:40 WIB

Bupati Tapteng Terharu Saat Lantik Gurunya Saat SMP

Bupati Bakhtiar tak sungkan mencium tangan gurunya dalam acara pelantikan pejabat.

Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani melantik delapan pejabat baru di jajaran Pemkab Tapanuli Tengah. Satu dari delapan orang yang dilantik adalah guru Bakhtiar semasa menimba ilmu di SMP.
Foto: dokumentasi pemkab tapteng
Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani melantik delapan pejabat baru di jajaran Pemkab Tapanuli Tengah. Satu dari delapan orang yang dilantik adalah guru Bakhtiar semasa menimba ilmu di SMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDAN -- Air mata nyaris tumpah dari mata Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani karena menahan haru saat melantik orang yang pernah mengajari dan mendidiknya selama tiga tahun ketika menimba ilmu di SMP Negeri 1 Barus. Tanpa malu, Bakhtiar mencium tangan satu dari delapan pejabat baru di jajaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai pejabat administrator serta kepala sekolah. Perempuan tersebut adalah Ratna Dewi Hasibuan, S.Pd, M.Pd.

Ratna Dewi adalah satu-satunya kepala sekolah yang dilantik di Ruang Kerja Bupati Bakhtiar, Kamis (27/8). Ratna Dewi ternyata adalah Guru Bahasa Indonesia Bupati Bakhtiar saat menimba ilmu di SMPN 1 Barus dari tahun 1997 hingga tahun 2000.

Peristiwa itu pun membuat semua yang hadir di ruangan tersebut larut dalam keharuan. Ratna Dewi menurut Bakhtiar, adalah sosok paling berkesan dan berjasa bagi kehidupannya. Ratna Dewi dipercaya Bupati Bakhtiar menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Barus.

Sosok Ratna pun menjadi pusat perhatian dalam pelantikan itu. Pelantikan itu pun diakui Bakhtiar sebagai hari yang bersejarah dan tak terlupakan seumur hidupnya.

Bakhtiar Ahmad Sibarani yang merupakan orang nomor satu di Pemkab Tapanuli Tengah itu tak sungkan menyalam dan mencium tangan Ratna Dewi di hadapan para pejabat yang dilantik dan para pejabat yang menyaksikan pelantikan itu. “Hidup ini sangat singkat, berbuatlah yang terbaik ketika kita hidup dan diberi kesempatan," kata Bakhtiar.

"Hari ini," kata dia melanjutkan, "merupakan sejarah dalam hidup saya yang tidak bisa saya lupakan. Hari ini saya diberi kesempatan oleh Allah SWT, melantik guru saya saat bersekolah di SMPN 1 Barus. Ibu Ratna Dewi Hasibuan ini adalah Guru Bahasa Indonesia saya selama saya menimba ilmu di SMP Negeri 1 Barus, dan hari ini juga saya mendapat kesempatan melantik guru saya ini menjadi kepala sekolah di tempat saya pernah bersekolah dulunya, yakni di SMP Negeri 1 Barus. Ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa bagi saya."

Dalam kesempatan itu Bakhtiar juga memberikan motivasi dan semangat kepada generasi muda, khususnya generasi muda Kabupaten Tapanuli tengah untuk tidak malu dengan kondisi dan tetap menimba ilmu, serta jangan pernah melupakan guru ketika telah sukses. “Semoga para generasi muda Kabupaten Tapteng bisa lebih sukses dari saya dan dapat menjadi Bupati-bupati dan gubernur serta menjadi orang yang sukses di masa yang akan datang. Saya pesankan, jangan pernah melupakan gurumu ketika kamu telah sukses, tanpa mereka kamu tidak akan bisa menjadi orang sukses," harap Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani mengakhiri.

Ratna Dewi mengaku tak menyangka dan tak sanggup berkata-kata saat mendapatkan perlakuan “istimewa“ dari muridnya yang kini menjadi bupati. Ia hanya bisa mengusap bahu Sang Bupati yang menunduk sambil mencium tangannya.

Kepada media, Ratna Dewi yang didampingi Bakhtiar mengaku sangat terharu dan bangga atas sikap dan perhatian muridnya itu, yang tetap, baik, peduli, dan perhatian kepada siapa pun. “Saya bangga Nak sebagai gurumu, saat ini kamu telah sukses menjadi orang nomor satu di Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Pesan saya, jangan pernah lupa kepada Allah, tetap bersyukur kepada Allah, tetaplah menjadi pengayom ditengah masyarakat. Tetaplah menjadi Bakhtiar Ahmad Sibarani yang dulu, yang selalu peduli, yang selalu baik dan yang selalu perhatian. Jadilah anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara,“  ungkap Ratna Dewi Hasibuan sambil mengusap air matanya.

Ratna Dewi Hasibuan juga mendoakan muridnya ini untuk bisa kembali menjadi pemimpin di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk periode selanjutnya. “Saya doakan, agar kamu Nak (Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani) dapat kembali menjadi pemimpin dan orang nomor satu di Kabupaten Tapanuli Tengah diperiode selanjutnya. Kami dan semua guru SMPN 1 Barus selalu mendoakan agar murid-murid kami menjadi orang yang sukses dan berguna bagi nusa dan bangsa,“ harap Ratna Dewi Hasibuan mengakhiri.

Berikut delapan orang Pejabat administrator serta Kepala Sekolah yang dilantik tersebut adalah sebagai berikut :

1. Rahmadani Hannum, SE diangkat menjadi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemkab Tapteng.

2. Kaspir Hutagalung, ST, diangkat menjadi Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemkab Tapteng.

3. Masjuita Sitanggang, S.Pd, diangkat menjadi Lurah Sibabangun.

4. David Christian Marbun, SE, diangkat menjadi Pj Kasubbag Pengelolaan LPSE Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Pemkab Tapteng.

5. Alex Sander Simamora, SKM, diangkat menjadi Pj. Kasubbag Sumber Daya Alam Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah.

6. Binsar Pasaribu, SST , diangkat menjadi Pj Kasi Distribusi Pangan Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Tapteng.

7. Yandri Tanjung, diangkat menjadi Pj Kasi Pemerintahan Kelurahan Pondok Batu, Kec. Sarudik.

8. RATNA DEWI HASIBUAN, S.Pd, M.Pd, diangkat menjadi Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Barus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement