Kamis 27 Aug 2020 00:04 WIB

Soal Deklarasi KAMI, Mega: Banyak yang Ingin Jadi Presiden

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri komentari soal deklarasi KAMI.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengomentari deklarasi dan pernyataan sikap Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Menurutnya banyaknya orang yang ingin menjadi presiden.

"Kemarin-kemarin ada pemberitaan, ada orang yang bentuk KAMI. Wah KAMI itu kayaknya banyak banget yang kepingin jadi presiden," kata Megawati dalam pidatonya di pembukaan Sekolah Calon Kepala Daerah (Cakada) Gelombang II Menuju Pilkada Serentak 2020 secara daring, di Jakarta, Rabu (26/8).

Baca Juga

Megawati menilai daripada membentuk organisasi seperti KAMI, orang-orang tersebut lebih baik membentuk partai. "Ya daripada bikin seperti itu, kenapa ya dari dulu enggak cari partai?" kata Megawati mempertanyakan.

Megawati mengatakan, adalah aturan di Indonesia sesuai tata kenegaraan pemerintahan bahwa untuk mengikuti pemilu maupun pilkada, maka seseorang harus mendapatkan dukungan partai politik. Kepada para calon kepala daerah, Megawati menyebutkan bahwa bukan hal mudah menjadi pemimpin, di daerah sekalipun.

"Memang ada jalur independen yang sah. Namun, jalur independen berarti si kepala daerah nantinya takkan memiliki fraksi yang akan membela kebijakan-nya di parlemen setempat," tutur Presiden Kelima RI ini.

Seperti diketahui, organisasi KAMI diinisiasi oleh Din Syamsuddin, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Rocky Gerung dan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement