Jumat 21 Aug 2020 08:12 WIB

Islamic Values: 4 Pesan Rasulullah Saat Hijrah ke Madinah

Empat pesan Rasulullah disampaikan ketika baru tiba di Madinah.

Rasulullah memberikan empat nasihat ketika pertama kali tiba ke Madinah setelah melewati perjalanan hijrah yang mencekam.
Foto:

4. Shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur (Be an extra ordinary people)

Penulis memaknai perintah ini sebagai upaya optimalisasi diri yang dalam bahasa agama kita mengenal "mujahadah", bukan hanya dalam sisi ibadah tapi dalam banyak sektor di kehidupan kita. Seakan baginda Rasul SAW mengingatkan kita: "Hai kaum muslimin, bangkitlah, datang ke Allah, libatkan Allah dalam semua urusanmu, wake up! go go go go... tunjukkan loyalitas, tunjukkan rasa cintamu pada-Nya, agar Dia Pemilik, Pengatur semesta ini, Dia juga yang punya masa depan kita, ruang dan waktu kita, cita-cita, asa dan hajat serta impian kita, Maha menggenggam jiwa kita selalu merahmati dan membimbing kita.

Jangan ikut terlelap dalam tidur bersama kebanyakan orang, jangan terbuai dalam mimpi-mimpi indahmu, tetapi tak berbuat apa-apa, atau hanya berdiam diri, berpangku tangan dan rebahan saja. Bergeraklah! Bangkitlah! hari esok menantimu. Jadilah sosok yang berbeda dari kebanyakan orang, dari sisi spiritual, semangat, kinerja dan banyak hal.

Umat Islam adalah umat yang punya jiwa 'the winner' bukan 'the looser' dalam kondisi apa pun, sosok pejuang yang pantang menyerah, "tidak bermental kerupuk", kena angin dikit langsung ciut, keok dan melempem. Namun kita mesti bermental baja nan tangguh dan kokoh. Bukankah baginda Rasul SAW dan para sahabat serta para salafushsholihin telah menunjukkan integritasnya sebagai muslim yang tangguh? kita juga mampu insya Allah, Bismillah!

Saya teringat kalimat Syeikh Muhammad Abduh rahimahullah, seorang pemikir Muslim dari Mesir, dan salah satu penggagas gerakan modernisme Islam, sepulang dari Barat kala itu beliau mengatakan: "Aku melihat ada Islam di Barat namun aku tak melihat orang Islam, sedangkan di negeri Arab aku melihat orang Islam namun aku tak melihat Islam".

Kalimat muhasabah sekaligus sindiran pedas bagi kaum kaum Muslimin, bahwa ada nilai-nilai keislaman (Islamic value) yang dipakai oleh bangsa Barat padahal mereka bukan Muslim, sementara kaum Muslimin sudah banyak yang meninggalkan identitasnya dan nilai-nilai Islam yang sangat luhur. Penulis melihat ini harus menjadi gerakan bersama agar Islamic value menjadi pakaian kita lagi, kita mulai dari rumah, rumah ibadah, madrasah, sekolah, pesantren dan lembaga pendidikan lainnya, di perusahaan dan komunitas-komunitas lainnya.

Hal yang paling sederhana adalah dengan melestarikan budaya salam, tegur sapa, berbagi, silaturahim, cinta kebersihan dan hidup bersih, rapih, bersahaja, sederhana, tidak boros, berjiwa penolong, menebar manfaat dan kebaikan lainnya. Bismillah!

Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, semangat hijrah harus terus menggelora dalam jiwa kita!

-- Kampung Qur'an, 1 Muharram 1442 H/ 20 Agustus 2020

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement