Selasa 18 Aug 2020 18:43 WIB

16 Karyawan Giant Margocity Positif Covid-19

Giant Margocity ditutup sejak 15-25 Agustus 2020.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung berjalan di kawasan Mal Margocity, Depok, Jabar. Sebanyak belasan karyawan Giant Margocity dipastikan terinfeksi Covid-19.
Foto: ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA
Pengunjung berjalan di kawasan Mal Margocity, Depok, Jabar. Sebanyak belasan karyawan Giant Margocity dipastikan terinfeksi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Depok merilis data perkembangan hasil tes usap 30 karyawan Giant Extra Margocity Mal pada Selasa (18/8). Sebelumnya, ditemukan satu karyawan Giant Extra terkonfirmasi positif. Akibatnya dilakukan rapid test kepada 75 karyawan dengan hasil 30 karyawan reaktif dan 45 karyawan non-reaktif.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, mengatakan saat ini Giant Margocity dapat disebut sebagai klaster penularan Covid-19 karena dari hasil tes PCR ke 30 karyawan yang rapid tes reaktif, 15 karyawan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19. Sisa 15 karyawan lainnya masih menunggu hasil tes PCR di Labkesda Kota Depok yang akan dirilis pada Rabu (19/8)

Baca Juga

"Total jadi ada 16 karyawan yang terkonfirmasi positif. Jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah karena ada 15 karyawan lain yang saat ini masih menunggu hasil tes swab PCR di Labkesda Kota Depok," ujar Dadang kepada sejumlah wartawan di Balai Kota Depok, Selasa (18/8).

Dadang telah meminta manajemen menutup sementara Giant Extra yang berada di Margocity Depok selama 10 hari, selama 15-25 Agustus 2020. Penutupan tersebut merujuk kepada ketentuan Peraturan Wali Kota Depok Nomor 37 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah terakhir kali dengan Peraturan Wali Kota Depok Nomor 45 Tahun 2020, telah dikeluarkan Surat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Nomor 8.02/143/GT/2020 Tanggal 14 Agustus 2020 Perihal Penutupan Sementara Giant Extra Margocity.

"Saya juga mengapresiasi inisiatif manajemen Margocity Mal menutup operasionalnya pada 19 Agustus hingga 25 Agustus 2020. Manajemen Margocity Mal menyampaikan surat kepada kami, proaktif melakukan mitigasi dan antisipasi," terang Dadang.

Marketing Communication Manager Margocity Mal Reza Ardiananda mengatakan, pihaknya berinisiatif melakukan penutupan sementara operasional Margocity Mal selama 19-25 Agustus 2020. Margocity Mal akan beroperasional kembali pada 26 Agustus 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara disiplin dan ketat, sesuai standar Gugus Tugas Covid-19 Kota Depok

"Penutupan sementara ini merupakan insiatif mandiri dari pihak Margocity Mal, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, seluruh staf dan tenant serta juga untuk mendukung program Gugus Tugas Kota Depok untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujar Reza dalam siaran pers yang diterima.

Menurut Reza, untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona, pihak manajemen Margocity Mal telah melakukan langkah preventif dan juga lebih memaksimalkan pembersihan atau deep cleaning dan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh pada seluruh area Margocity Mal. "Jadi, selama Margocity Mal tidak beroperasional, akan dilakukan deep cleaning dan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh pada seluruh area Margocity Mal, unit toko dan management office. Kami juga akan melakukan rapid test bagi seluruh karyawan dan staf tenant," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement