Ahad 16 Aug 2020 19:48 WIB

Harap-Harap Cemas Kombes Pusung Jadi Komandan Upacara Istana

Kombes Pusung mengaku tampil di hadapan Presiden Jokowi adalah ujian mental.

Rep: Febryan A/ Red: Karta Raharja Ucu
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengibarkan bendera sang merah putih dalam acara upacara peringatan HUT RI.
Foto:

Proses panjang telah dilewati Pusung untuk bisa menjadi komandan upacara di Istana Negara. Seleksi tahap pertama berlangsung di satuan kerjanya, Dentasemen Khusus 88 Anti Teror Polri.

Ia lulus seleksi pertama dan dikirim ke Markas Besar Polri untuk mengikuti seleksi lanjutan. Ternyata, ia kembali unggul dibandingkan personel Polri dari satuan kerja lainnya.

Lantas, Pusung mengikuti seleksi tahap akhir di Garnisun Tetap I/Jakarta. Pusung pun lulus dan ditetapkan sebagai salah satu dari empat kandidat terakhir. Keempatnya lalu menjalani pelatihan intensif di Cibubur, Jakarta Timur, selama dua pekan terakhir.

Pusung mengatakan, selama proses seleksi, ujian yang dihadapi tak hanya fisik, tapi juga mental. Ujian mental paling kuat dirasakannya pada saat tampil di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, kemarin.

"Memang terasa beda rasanya tampil di depan Pak Jokowi langsung," kata mantan kapolres Minahasa itu.

Ujian mental itu, kata dia, juga bakal jadi penentu siapa yang akan menjabat sebagai Komandan Upacara pagi. "Semuanya kesiapan akan dilihat, baik dari segi teknis maupun mental," imbuh pria kelahiran Manado pada 21 Desember 1975 silam itu. Pusung sendiri mengaku sudah siap secara fisik maupun mental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement