Kamis 13 Aug 2020 08:41 WIB

Top 5 News: 100 Mualaf, Anies Intoleran, dan Manuver Erdogan

Anies dituding intoleran, sementara manuver Erdogan-Ikhwanul Muslimin jadi sorotan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut intoleran.
Foto:

3. Manuver Erdogan dan Ikhwanul Muslimin, Wujudkan Neo Ottoman?

Agenda tersembunyi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk menghidupkan kembali versi modern Kekaisaran Ottoman bukanlah rahasia, mengingat langkah-langkahnya baru-baru ini. Dunia telah menyaksikan Erdogan menggunakan berbagai cara agar obsesinya tersebut tercapai?

Konversi Hagia Sophia yang sebelumnya merupakan gereja Bizantium menjadi masjid bulan lalu adalah langkah simbolis untuk menginspirasi kaum Islamis yang merindukan kekhalifahan baru. Media yang dikendalikan negara Erdogan sudah menyerukan negara adidaya pertama dunia Muslim.

photo
Presiden Recep Tayyip Erdogan. (Foto file-Anadolu Agency) - (Anadolu Agency)

Menurut artikel yang ditulis Hany Ghoraba dan dipublikasikan The Algemeiner pada Senin (10/8). Kampanye militer Erdogan baru-baru ini di Timur Tengah terutama di Irak, Suriah, dan Libya, telah menjadi sumber ketidakstabilan dan kekacauan di seluruh Timur Tengah dan menyebabkan ribuan orang tewas.

Negara-negara Arab dan Eropa mengutuk petualangan militer Turki, sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut intervensi Ankara di Libya sebagai 'kriminal'. 

Baca berita selengkapnya di sini

4. Siapa Raja Heraklius yang Kemenangannya Diabadikan Alquran?

 JAKARTA— Heraklius kaisar Romawi yang kemenangannya atas Persia diisyaratkan Allah SWT dalam Alquran. Isyarat kemenangan Heraklius sebagai pemimpin tertinggi imperium Romawi ini diabadikan Alquran surat Ar-Rum ayat 1-4: 

الم غُلِبَتِ الرُّومُ فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ فِي بِضْعِ سِنِينَ ۗ لِلَّهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ ۚ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ  الْمُؤْمِنُونَ

"Alif Lam Mim. Telah dikalahkan bangsa Romawi di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah urusan sebelum dan sesudah mereka menang. Dan di hari kemenangan bangsa Romawi itu bergembiralah orang-orang yang beriman." (QS Ar-Rum: 1-4).

Baca berita selengkapnya di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement