Selasa 11 Aug 2020 23:55 WIB

Watukumpul Dikembangkan Jadi Obyek Wisata Paralayang

Pemkab Banyumas akan membantu perbaikan sarana di Watukumpul.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Paralayang. ilustrasi
Foto: Antara/Siswowidodo
Paralayang. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Bupati Banyumas Achmad Husein  mendukung pengembangan bukit Watukumpul di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen sebagai pusat latihan olah raga paralayang di Banyumas. Bahkan dia menyatakan akan berupaya mengembangkan bukit Watukumpul sekaligus olah raga paralayang di lokasi tersebut sebagai obyek wisata baru.

''Potensi wisata di tempat ini, saya kira sangat luar biasa. Selain panorama alamnya yang indah, wisatawan bisa mencoba olah raga paralayang dengan terbang tandem bersama atlit paralayang profesional,'' kata Bupati saat mengunjungi lokasi tersebut, Sabtu (9/8).

Baca Juga

Untuk itu, Bupati mengaku akan membantu peningkatan sarana dan prasarana di lokasi tersebut agar semakin menunjang olahraga paralayang di Banyumas. ''Paling ini hanya butuh sekitar Rp 500 juta untuk perbaikan sarana seperti pada bagian landasan dan sisi timur untuk pelatihan,'' jelasnya.

Bahkan Bupati menyebutkan, kedepannya akan ada dua spot landasan paralayang. Landasan   sisi timur untuk area latihan atlet, dan sisi  barat untuk wisata. ''Yang jadi masalah, tanah ini merupakan tanah milik perhutani. Jadi perlu ada kerja sama dan perizinan lebih dulu,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati yang didampingi isteri, juga mencoba terbang tandem dengan atlit paralayang. ''Subhanallah, dengan paralayang ini pemandangan di bawah benar-benar terlihat indah. Cuma sayangnya, tadi waktu terbang kurang lama karena anginnya sedang kurang bagus,'' kata Husein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement