Ahad 09 Aug 2020 21:21 WIB

Pasien Covid-19 Sembuh di Yogya Bertambah 18 Orang

Total pasien Covid-19 yang sembuh menjadi 570 orang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu
virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kesembuhan kasus positif Covid-19 di DIY bertambah 18 kasus pada 9 Agustus 2020 ini. Sehingga, total kasus sembuh di DIY sudah mencapai 570 kasus.

Artinya, kesembuhan dari kasus positif ini sebesar 66,1 persen dari total 862 kasus positif per 9 Agustus ini. Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, kesembuhan kasus positif yang dilaporkan hari ini terbanyak di Kabupaten Sleman.

"Distribusi kasus sembuh berdasarkan domisili yaitu satu warga Kota Yogyakarta, lima warga Bantul, satu warga Gunungkidul dan 11 warga Sleman," kata Berty, Ahad (9/8).

Sementara itu, jumlah 862 kasus positif di DIY karena disumbang oleh adanya delapan tambahan kasus baru positif Covid-19 yang dilaporkan pada 9 Agustus. Delapan kasus baru positif ini terdiri dari tiga warga Bantul, tiga warga Kulon Progo dan dua warga Sleman.

Tiga warga Bantul yaitu perempuan yang berumur 40 tahun dan laki-laki berumur 54 tahun yang keduanya memiliki riwayat perjalanan dari Banjarmasin, serta perempuan berumur 25 tahun yang riwayatnya masih dalam penelusuran.

Warga Kulon Progo terdiri dari laki-laki yang berumur 51 tahun yang riwayatnya masih dalam penelusuran dan berumur 50 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Balikpapan. Sedangkan satu warga Kulon Progo lainnya perempuan dengan umur 28 tahun yang memiliki riwayat kontak dengan kasus nomor 824 di DIY.

"Warga Kulon Progo yang berumur 51 tahun meninggal dunia pada 9 Agustus ini. Kasus tersebut masuk rumah sakit pada 5 Agustus dan tidak ada keterangan komorbid (penyakit penyerta)," ujar Berty.

Dua warga Sleman yang juga terkonfirmasi positif pada 9 Agustus ini merupakan laki-laki berumur 12 tahun dan 19 tahun. Keduanya memiliki riwayat yang sama yaitu merupakan hasil pelacakan (tracing) kontak dari kasus nomor 837.

"Didapatkannya 18 kasus sembuh dan delapan kasus baru positif Covid-19 di DIY ini merupakan pemeriksaan terhadap 635 sampel dari 481 orang," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement