Ahad 19 Jul 2020 01:40 WIB

Tumbang Kena Angin Kencang, Pohon Timpa Warung di Sabang

BPBA menyatakan, cuaca ekstrem melanda Kota Sabang pada Sabtu siang.

Pohon tumbang akibat angin kencang (Ilustrasi). Angin kencang yang melanda wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh, menyebabkan sebuah pohon di Jalan Tengku Chik Ditiro, Kuta Ateuh, tumbang, Sabtu.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pohon tumbang akibat angin kencang (Ilustrasi). Angin kencang yang melanda wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh, menyebabkan sebuah pohon di Jalan Tengku Chik Ditiro, Kuta Ateuh, tumbang, Sabtu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Angin kencang yang melanda wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh, menyebabkan sebuah pohon di Jalan Tengku Chik Ditiro, Kuta Ateuh, tumbang. Pohon tersebut menimpa satu warung milik warga.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan pohon tumbang terjadi pada Sabtu sekitar pukul 13.10 WIB di Kecamatan Suka Karya. Peristiwa itu terjadi akibat angin kencang di Pulau Weh.

Baca Juga

"Pohon tumbang terjadi di Kecamatan Suka Karya, Kota Sabang, akibat cuaca yang ekstrem," kata Kepala Pelaksana BPBA Sunawardi di Kota Banda Aceh.

Musibah itu mengakibatkan satu unit warung milik Ihud Partogi, 56 tahun, warga setempat dilaporkan rusak berat. Tidak ada korban jiwa dan warga yang mengungsi dalam peristiwa tersebut.

Sunawardi menjelaskan, setelah mendapatkan laporan pohon tumbang, pihak BPBD Kota Sabang langsung turun ke lapangan untuk melakukan pembersihan di tempat kejadian bencana. Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem hujan lebat disertai guntur dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara selama tujuh hari ke depan 18 sampai 24 Juli 2020.

BMKG menjelaskan, potensi cuaca buruk tidak hanya diprakirakan terjadi di wilayah Sulawesi Tenggara. Provinsi lain, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Utara dan Jambi juga diprakirakan dilanda cuaca yang sama.

Demikian juga dengan Provinsi Sumatera Selatan, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement