Jumat 17 Jul 2020 22:47 WIB

48 Pasien Covid-19 di Batu Dinyatakan Sembuh

Wali Kota Batu ajak pasien Covid-19 yang sembuh jadi agen sosialisasi

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menyatakan 48 orang pasien positif COVID-19 di Kota Batu, Jawa Timur, pada Jumat (17/7), dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah, usai menjalani isolasi pada tempat-tempat yang disiapkan oleh pemerintah daerah.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menyatakan 48 orang pasien positif COVID-19 di Kota Batu, Jawa Timur, pada Jumat (17/7), dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah, usai menjalani isolasi pada tempat-tempat yang disiapkan oleh pemerintah daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Sebanyak 48 orang pasien positif COVID-19 di Kota Batu, Jawa Timur, pada Jumat (17/7), dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah. Hal ini usai menjalani isolasi pada tempat-tempat yang disiapkan oleh pemerintah daerah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan dari total 48 orang yang dinyatakan sembuh tersebut, sebanyak 30 orang melakukan isolasi di Hotel Mutiara Baru, dan sisanya melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama kurang lebih 14 hari.

"Hari ini ada 48 orang warga Kota Batu yang dinyatakan sembuh. Ini semua berkat kerja sama, terutama warga Kota Batu yang terkonfirmasi positif, dan mau melakukan protokol kesehatan," kata Dewanti, di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (17/7).

Dewanti menambahkan, bagi warga yang telah menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh, diharapkan mampu memberikan edukasi kepada warga lain yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing.

Edukasi terkait penerapan protokol kesehatan, dan mengikuti anjuran pemerintah, merupakan salah satu kunci utama untuk menekan penyebaran virus Corona. Dewanti mengharapkan, agar pasien yang dinyatakan sembuh juga bisa memberikan semangat kepada warga agar terus disiplin.

"Kuncinya adalah disiplin, tidak ada yang lain kecuali mentaati protokol kesehatan," ujar Dewanti.

Dewanti berharap, tidak ada lagi penambahan kasus positif COVID-19 di wilayah Kota Batu. Jika sudah tidak ada lagi penambahan kasus positif, maka masyarakat akan bisa beraktivitas seperti biasa, namun tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dewanti mengingatkan, bagi warga Kota Batu yang hingga saat ini masih harus berjuang melawan COVID-19, diharapkan bisa terus berpikir positif. Karena, dengan berpikir positif dan memiliki semangat untuk sembuh, maka akan meningkatkan imunitas tubuh.

"Selain punya semangat untuk berpikir positif, kami juga memberikan fasilitas, dan memenuhi gizi, serta vitamin untuk para pasien setiap harinya," kata Dewanti.

Meskipun pasien yang dinyatakan sembuh bertambah cukup banyak, Dewanti menegaskan agar warga Kota Batu terus mentaati protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan berolah raga.

Tercatat, di Kota Batu, hingga saat ini ada 140 kasus positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 73 orang dinyatakan sembuh, tujuh orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam perawatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement