Selasa 07 Jul 2020 23:15 WIB

Pemkot Serang Salurkan Beras pada Warga Terdampak Covid-19

Pemkot menyiapkan atau membeli beras petani di Kecamatan Kasemen sebanyak 225 ton.

Petugas Kemensos memberikan beras kepada warga penerima paket sembako (ilustrasi)
Foto: ANTARA/MUHAMMAD IQBAL
Petugas Kemensos memberikan beras kepada warga penerima paket sembako (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat menyalurkan 225 ton beras untuk kelompok petani dan nelayan yang terdampak pandemi Covid-19. Wali Kota Serang, Syafrudin di Serang, Selasa (7/7) mengatakan bantuan tersebut akan diberikan langsung kepada masyarakat yang rentan atau rawan pangan, buruh tani, petani penggarap, petani pemilik tanah dengan luasan kurang dari satu hektar dan warga yang belum menerima bantuan dari pemerintah pusat ataupun daerah.

"Kami menyiapkan atau membeli beras kepada petani Kecamatan Kasemen sebanyak 225 ton melalui Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang. Dari 225 ton dengan pembelian Rp 10.525 persatu kilogram dari pihak ketiga dengan total pembelian keseluruhan Rp 2 miliar lebih," kata Syafrudin.

Baca Juga

Kemudian, Syafrudin menjelaskan, untuk penyalurannya akan dilakukan secara bertahap melalui kelurahan yang ada di Kota Serang. "Dari 225 ton akan disalurkan dua kali dari bulan Agustus sampai September. Dana dari BTT Rp 101 miliar kemudian dari Distan Kota Serang Rp 3,6 miliar dari BTT juga buat beras dan uang," katanya.

Ia menyebutkan, selain memberikan bantuan beras juga akan memberikan stimulus untuk para nelayan sebanyak 1.527 orang dengan jumlah uang masing-masing sebesar Rp 500 ribu. "Kita juga akan memberikan uang Rp 500 ribu melalui Dispertan Kota Serang yang akan disalurkan langsung pakai rekening bank ke masing-masing penerima," kata dia.

Sementara Kepala Distan Kota Serang Edinata mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan penerima bantuan yang akan dilakukan pada bulan Agustus. "Yang mendapatkan ini ada SK Wali Kota, tidak semua orang akan dikasih. Pemberian ini juga tidak hanya warga Kasemen saja, tapi se-Kota Serang pembagiannya," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement