Selasa 09 Jun 2020 22:17 WIB

Pemkab Majalengka akan Gelar Swab Massal

Kegiatan akan dilaksanakan di lokasi yang dinilai rentan penyebaran virus corona.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Endro Yuwanto
Petugas medis melakukan test swab (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Petugas medis melakukan test swab (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Pemkab Majalengka, Jawa Barat, akan segera menggelar swab massal guna mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Majalengka. Kegiatan itu akan dilaksanakan di lokasi yang dinilai rentan penyebaran virus corona.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kesehatan Majalengka, Alimudin. Dia mengatakan, swab massal akan dilaksanakan di bekas Pasar Lawas Majalengka, Kamis (11/6) lusa.

‘’Kami baru selesai rapat tentang rencana kegiatan pemeriksaan swab massal yang akan dilaksanakan di ex Pasar Lawas Majalengka,’’ kata Alimudin, Selasa (9/6) malam.  

Alimudin mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan demi terlaksananya kegiatan tersebut. Dia menjelaskan, sampel tes swab tersebut nantinya akan dibawa ke Laboratorium Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Djati (Unswagati) Cirebon.

Alimudin menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan swab terhadap 72 orang. Sedangkan yang sudah dilakukan rapid test ada 1.132 orang.

Sementara itu, dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka Selasa (9/6), jumlah Orang Dalam Pemantuan (ODP) mencapai 552 orang. Yakni terdiri dari 14 orang dalam pemantauan dan 538 orang selesai pemantuan.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang masih dalam pengawasan ada orang, selesai pengawasan 48 orang, dan meninggal dunia sepuluh orang.

Sedangkan pasien terkonfirmasi positif, total ada tujuh orang. Dari jumlah itu, tiga orang dalam perawatan, tiga orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement