Senin 08 Jun 2020 22:02 WIB

Puskesmas Bojongsari Gunakan Layanan Telekonsultasi WA

Pelayanan telekonsultasi dilakukan selama pandemi virus corona.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Bojongsari, Kota Depok, menerapkan pelayanan telekonsultasi selama pandemi virus corona (Covid-19). Pelayanan konsultasi ini dilakukan jarak jauh melalui WhatsApp (WA) ke nomor Puskesmas Bojongsari.

"Kunjungan ke puskesmas selama pandemi berkurang untuk menekan penyebaran Covid-19. Jadi hanya yang benar-benar sakit yang memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter yang boleh ke puskesmas. Selebihnya kami layani memakai telekonsultasi WA," ujar Kepala UPT Puskesmas Bojongsari, Rahmina Dewi, di Puskesmas Bojongsari, Kota Depok, Senin (8/6).

Menurut Rahmina, pelayanan kesehatan di Puskemas Bojongsari saat ini berjalan seperti biasa, di antaranya pelayanan umum, imunisasi, konseling, unit gawat darurat (UGD), dan persalinan.

"Bagi warga yang datang ke puskesmas, ada protokol kesehatan ketat yang harus diikuti. Yaitu pasien wajib memakai masker dan cuci tangan pakai sabun sebelum masuk," terang Rahmina.

Selain itu, lanjut Rahmina, ada pemisahan pasien antara yang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan Non-ISPA. "Kami juga rutin lakukan penyemprotan disinfektan ke puskesmas setelah pelayanan, setiap ruangan disemprot disinfektan agar selalu steril, khususnya ruang pelayanan," pungkas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement