Senin 18 May 2020 01:33 WIB

Bima Arya Minta Warga Tahan Tak Beli Baju Lebaran

Pasar Penuh Sesak, Bima Arya Minta Warga Tahan Tak Beli Baju Lebaran

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Pasar Penuh Sesak, Bima Arya Minta Warga Tahan Tak Beli Baju Lebaran
Pasar Penuh Sesak, Bima Arya Minta Warga Tahan Tak Beli Baju Lebaran

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya terjun langsung untuk memberi imbauan di pasar agar warganya mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Aksi ini dilakukannya lantaran melihat fenomena pasar di Bogor penuh dan sesak dengan pengunjung menjelang Lebaran. Padahal Bogor masih dalam masa PSBB untuk menekan penyebaran virus corona.

Bima Arya memakai seragam Satpol PP terlihat memberikan imbauan sambil naik mobil dengan kap terbuka. Momen ini terlihat dari video yang diunggah ke Instagram story akun milik Bima Arya, @bimaaryasugiarto, Minggu (17/5/2020).

Dalam video itu, Bima terlihat menegur beberapa orang di jalan yang ketahuan tidak memakai masker. Ia spontan turun dari mobil dan meminta warga tersebut memakai masker.

Dalam rekaman berikutnya, memperlihatkan Bima sudah berada di pasar. Tampak banyak sekali pengunjung pasar di sana.

Bima berjalan di antara para penjual di tengah pasar. Wali kota yang baru sembuh dari Covid-19 ini meminta para pengunjung yang mayoritas ibu-ibu untuk memakai masker.

Ibu-ibu tolong maskernya dipakai, ujar Bima melalui pengeras suara sambil berjalan dan menunjuk seorang ibu-ibu untuk mematuhi memakai masker.

Dalam cuplikan video berikutnya, Bima tampak berdiri di antara para pedagang dan memberi imbauan.

Tahun ini Lebarannya prihatin, banyak yang enggak bisa makan. Jadi tahan dulu untuk beli baju barunya, kata Bima.

Namun baik pembeli maupun penjual terlihat tidak menghiraukannya. Mereka justru lewat di depan Bima begitu saja dan tidak memperhatikan anjuran sang Wali Kota.

Dalam instastory yang diunggahnya hari Minggu ini, Bima juga terlihat berada di luar Pasar Anyar Kota Bogor. Ia memantau kondisi pasar yang ramai dengan pengunjung.

Sebelumnya, viral video di media sosial yang memperlihatkan kondisi pasar di Bogor penuh sesak dengan orang. Kondisi pasar yang penuh dengan penjual dan pembeli ini tampak tidak mentaati aturan PSBB yang diberlakukan pemerintah.

Seperti dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @bogor24update pada Minggu (17/5/2020).

Viral kondisi Pasar Anyar, Minggu 17 Mei 2020, siang. Kondisi ramai ini di tengah pemberlakuan PSBB tahap 3 di Kota Bogor, tulis akun @bogor24update.

Dalam video tersebut tampak banyak sekali orang memadati jalan. Video ini direkam di perlintasan rel kereta api Jln. Moh. A Salmun, Bogor dekat Pasar Anyar.

Tampak banyak sekali pengendara motor berdempetan. Mereka tidak menerapkan jaga jarak seperti diimbau pemerintah. Jalanan juga terlihat macet dengan begitu banyak kendaraan.

Dalam video viral lainnya, terlihat banyak sekali pengunjung berdesakan di sekitar tangga di dalam sebuah pasar di Bogor. Mereka berkerumun di area kios-kios penjual pakaian.

Pada umumnya, pengunjung pasar yang terekam dalam video ini memakai masker. Namun beberapa tidak memakai masker.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement