Selasa 12 May 2020 10:21 WIB

Fasilitas Ciputra Hospital untuk Pasien Covid-19 Diapresiasi

Penanganan cepat dan tepat dari tenaga medis adalah kunci kesembuhan pasien Covid-19.

Ciputra Hospital sediakan layanan rapid test dan swab test RT-PCR dengan sistem drive thru mulai 11 Mei-16 Mei 2020.
Foto: Ciputra Hospital
Ciputra Hospital sediakan layanan rapid test dan swab test RT-PCR dengan sistem drive thru mulai 11 Mei-16 Mei 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengapresiasi dukungan Ciputra Group melalui Ciputra Hospital CitraGarden City, Jakarta Barat, dan Ciputra Hospital CitraRaya, Tangerang, yang telah mengoperasikan ruang isolasi bertekanan negatif dengan total kapasitas 210 tempat tidur untuk menangani pasien Covid-19. Fasilitas tambahan itu mulai beroperasi 1 Mei 2020.

Kedua Ciputra Hospital itu ditunjuk Dinas Kesehatan propinvi sebagai RS Jejaring Pelayanan Covid-19 untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten yang memiliki standar fasiltas yang sesuai petunjuk teknis sarana, prasarana dan bangunan untuk manajemen pasien Covid-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik keterlibatan rumah sakit swasta untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19.

Apalagi, lanjut Anies, Ciputra Hospital telah menyatakan komitmen untuk mendedikasikan sarana prasarananya digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan layanan perawatan dan pemeriksaan pasien Covid-19. “Penanganan yang cepat dan tepat dari tenaga medis serta fasilitas rumah sakit yang memadai adalah kunci dari kesembuhan pasien Covid-19," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/5).

"Dengan adanya dukungan dan bantuan dari Ciputra Hospital, Pemerintah berharap pasien Covid-19 dapat segera ditangani sedini mungkin, untuk mencegah penyebaran mata rantai Covid-19,” kata Anies menambahkan.

Anies mengatakan rumah sakit di wilayah Ibu Kota sudah banyak menerima pasien Covid-19. Sebanyak 13 rumah sakit di Jakarta ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani kasus Covid-19. Selain itu ada pula rumah sakit lainnya yang ditunjuk sebagai rumah sakit jejaring untuk menangani pasien Covid-19 mengingat masih tingginya jumlah pasien di wilayah Jakarta.

Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata menjelaskan penambahan fasilitas isolasi Covid-19 yang dilakukan Ciputra Group ini sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat. Juga dukungan kepada pemerintah untuk mengimbangi ketersediaan kapasitas rumah sakit rujukan dalam melayani pasien Covid-19 yang jumlahnya semakin meningkat.

Kesiapan ruang isolasi Ciputra Hospital, menurut Budiarsa, telah dilengkapi dengan ruang ICU dan HCU yang dilengkapi ventilator dan patient monitor. Tersedia pula ruang Hemodialisis dengan mesin Hemodialisis (HD) dengan jumlah yang memadai untuk merawat pasien HD yang terkena Covid-19. "Tenaga medis dengan alat pelindung diri (APD) sesuai standar WHO juga disiapkan," kata Budiarsa.

Ciputra Hospital saat ini juga menyediakan layanan rapid test dan swab test dengan RT-PCR bekerja sama dengan laboratorium nonrujukan pemerintah untuk meningkatkan akurasi diagnostik pasien dengan kriteria ODP, PDP, dan Covid-19. Layanan ini menggunakan sistem drive thru melalui pendafataran via website cihos.com/covid dengan jadwal mulai 11 Mei-16 Mei 2020 pada pukul 08.00 wib–11.00 WIB.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement