Rabu 06 May 2020 23:42 WIB

Tiga Daerah di NTT Telah Terpapar Covid-19

Tiga daerah di NTT yang memiliki kasus Covid-19 yang terkonfimasi lewat hasil swab.

Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan tiga daerah yaitu Kota Kupang, Kabupaten Manggarai Barat dan Flores Timur telah terpapar Covid-19.

"Ada tiga daerah di NTT yang memiliki kasus Covid-19 yang diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan swab pasien Covid-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, NTT, Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di Kupang, Rabu (6/5) malam.

Marius mengatakan hal itu terkait penyebaran kasus positif Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut dia, daerah-daerah yang telah terpapar Covid-19 di provinsi berbasis kepulauan ini yaitu Kota Kupang dengan sembilan kasus positif Covid-19 dan satu di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Sedangkan delapan pasien positif Covid-19 merupakan dalam klaster Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sedang dalam perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uli milik Polda NTT.

Sementara itu, kata dia, di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores terdapat dua kasus pasien positif Covid-19 merupakan klaster Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Kedua pasien itu sedang dalam perawatan medis di RSUD Komodo di Labuan Bajo.

Marius menambahkan satu pasien positif Covid-19 lainnya berada di Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores merupakan eks penumpang KM Lambelu.

"Pasien positif Covid-19 di Flores Timur sedang dalam perawatan di ruangan isolasi di RSUD di Flores Timur,"tegas Marius.

Marius mengingatkan masyarakat NTT agar serius mengikuti aturan protokol kesehatan mengingat jumlah kasus positif Covid-19 maupun jumlah orang tanpa gejala (OTG) terus meningkat di daerah ini.

Hingga saat ini, kata dia, jumlah OTG telah mencapai 450 orang yang tersebar di berbagai daerah di NTT.

"OTG yang banyak di NTT ini berpotensi positif Covid-19 sehingga masyarakat harus serius mengikuti aturan protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak serta hindari kerumunan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Marius.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement