Rabu 06 May 2020 06:18 WIB

Pemprov DKI Gandeng Usaha Kecil Bikin 50 Ribu Masker

Sudin PPKUKM Jakbar gandeng mitra binaan sudah distribusikan 40 ribu masker kain.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Penjahit sedang menyelesaikan pembuatan masker berbahan kain.
Foto: ANTARA/ Makna Zaezar
Penjahit sedang menyelesaikan pembuatan masker berbahan kain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Barat sedang mengerahkan 65 industri kecil dan menengah (IKM) memproduksi masker kain gratis.

Kepala Sudin PPKUKM Jakarta Barat, Nur'aini Sylviana, mengatakan, hingga kini, ada 65 IKM binaannya tersebut telah memproduksi 50 ribu masker kain dan didistribusikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. "Masker yang sudah dikemas dan didistribusikan ke dinas itu sebanyak 26.500 lembar, sedangkan masker yang sudah dikemas dan akan didistribusikan untuk 6 Mei 2020 sebanyak 40 ribu masker," ujar Sylvi di Jakarta, Selasa (5/5).

Menurut Sylvi, material yang digunakan untuk pembuatan masker kain dari IKM binaannya, berasal dari Sudin PPKUKM Jakarta Barat. Bahan material yang diterima pihaknya saat ini sejumlah 116.500 masker.

Selanjutnya, kata dia, masker kain hasil produksi IKM Jakarta Barat dibagikan secara gratis kepada warga-warga yang membutuhkan. Masker kain yang diproduksi pun telah memenuhi standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) guna mencegah penularan Covid-19.

Langkah menggandeng UMKM merupakan bagian total 20 juta masker yang dicanangkan Pemprov DKI, yang nantinya dibagikan ke warga, yang masing-masing mendapatkan dua masker kain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement