Sabtu 02 May 2020 22:05 WIB

Total Positif Covid-19 di Kaltara Jadi 122 Orang

Dari 122 kasus positif Covid-19 di Kaltara, enam orang dinyatakan sembuh.

Petugas medis melakukan tes swab kepada salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT), Kalimantan Utara, Selasa (28/4/2020). Tes swab tersebut dilakukan guna memastikan tertular atau tidaknya angota keluarga yang dinyatakan positif COVID-19
Foto: ANTARA/FACHRURROZI
Petugas medis melakukan tes swab kepada salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT), Kalimantan Utara, Selasa (28/4/2020). Tes swab tersebut dilakukan guna memastikan tertular atau tidaknya angota keluarga yang dinyatakan positif COVID-19

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN --  Tim Gugus Tugas COVID-19 Kaltara mengumumkan jumlah positif Covid-19 bertambah setelah menerima hasil tes 18 spesimen dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya pada Jumat (1/5). Sehingga, totalnya mencapai 122 kasus dan enam orang dinyatakan sembuh.

Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy di Tanjung Selor, Sabtu (2/5), melaporkan pada Jumat siang (1/5) sekira pukul 14.00 Wita menerima 11 spesimen positif dan pada malam harinya menerima lagi tujuh spesimen positif sehingga semuanya berjumlah 18 kasus positif.

Baca Juga

Setelah menerima 18 spesimen positif ini, maka jumlah pasien Covid-19 di Kaltara sebanyak 122 orang masing-masing di Kota Tarakan 32 orang, Kabupaten Malinau 21 orang, Kabupaten Nunukan 35 orang dan Kabupaten Bulungan 34 orang. Sedangkan, Kabupaten Tana Tidung belum ada pasien positif corona.

Untuk pasien positif Covid-19 baru dari spesimen yang baru diterima Jumat (1/5) yang ada di Kota Tarakan berinisial Mi (17) merupakan klaster Pesantren Temboro Magetan Jatim. Pasien ini adalah salah seorang siswa di pesantren tersebut yang baru pulang ke Kota Tarakan.

Sedangkan, tambahan baru di Kabupaten Malinau sebanyak delapan orang masing-masing berinisial SS, DL (30), Dm (30), Js (50), Md (56), Rm kelamin peremuan usia 43 tahun, Sm kelamin perempuan usia 55 tahun dan SS (53). Dari delapan pasien positif ini, empat orang peserta seminar GKII Malinau dan empat orang lainnya merupakan kontak erat dari peserta seminar ini.

Selanjutnya Kabupaten Bulungan juga bertambah pasien positif Covid-19 sebanyak sembilan orang sehingga totalnya menjadi 34 kasus dari sebelumnya hanya 25 orang. Kesembilan kasus baru ini berinisial Jf (41), Am (13) jenis kelamin perempuan, Dw (40) kelamin perempuan, OT (42), LL (68), Af (28), YE (36) jenis kelamin perempuan, OG (26) dan Nb jenis kelamin perempuan usia 41 tahun.

Mengenai pasien positif berinisial Nb (41) merupakan kontak erta dari klaster jamaah tabligh dan delapan orang lainnya berasal dari klaster seminar GKII Kabupaten Malinau. Di mana, tiga orang adalah peserta seminar dan lima orang hanya kontak erat.

Agust menjelaskan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kaltara juga menerima spesimen pemeriksaan lanjutan dari pasien positif yang sedang dirawat, satu orang berinisial MM (69) telah dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan swab sudah dinyatakan negatif. Oleh karena itu, jumlah pasien yang telah sembuh sudah ada enam orang dan satu orang meninggal dunia. Sehingga, jumlah yang masih menjalani perawatan sampai saat ini sebanyak 115 orang.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement