Kamis 12 Oct 2023 15:44 WIB

Generasi Muda Diimbau Jaga Seni Budaya Daerah

Generasi muda menjadi inspirasi pengembangan budaya.

Ilustrasi budaya dan kearifan bangsa.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi budaya dan kearifan bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, BULUNGAN -- Bupati Bulungan meminta semua generasi muda di daerah itu untuk selalu mengingat dan menjaga sejarah serta warisan seni budaya daerah.

"Supaya sejarah dan warisan seni budaya daerah terus menjadi warisan terbaik kepada generasi-generasi yang akan datang," kata Bupati Bulungan, Syarwani di Tanjung Selor terkait dengan hari jadi ke 63 Kabupaten Bulungan dan hari jadi ke 233 tahun Kota Tanjung Selor pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Baca Juga

Pemerintahan Kabupaten Bulungan menggelar seremoni upacara peringatan hari jadi daerah itu di Lapangan Agatis, Tanjung Selor. Bupati Bulungan, Syarwani menjadi inspektur upacara.

Peringatan hari jadi daerah adalah momentum mengingatkan kembali potongan perjalanan sejarah Kabupaten Bulungan ini kepada semua khalayak sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada seluruh pemimpin terdahulu atas segala pengorbanan serta kontribusinya yang telah yang telah diberikan dalam membangun Kabupaten Bulungan.

 

Sebagai wujud penghormatan dan kecintaan akan warisan para leluhur, dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan pada 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Bulungan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menggali dan mengenalkan kembali sejarah dan kebudayaan kepada seluruh masyarakat Bulungan.

Kegiatan tersebut antara lain lomba olahraga tradisional, ziarah makam para pemimpin Kabupaten Bulungan, perlombaan olahraga prestasi, perlombaan karnaval baju adat dan aksesoris etnik daerah, pelepasan Biduk Bebandung, lomba tari pesisir dan pedalaman, pawai budaya, dan Festival Sungai Kayan.

Hari Jadi Kabupaten Bulungan dan Tanjung Selor mengusung tema "Membangun sumber daya manusia yang unggul menuju Bulungan Bisa, Maju, dan Sejahtera".

"Kami harap kita semua tidak akan pernah melupakan sejarah serta bisa menjaga dan melestarikan warisan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bulungan," ujarnya.

Selanjutnya dengan motto daerah "Merudung Pebatun de Benuanta" atau saling bahu membahu antar seluruh lapisan masyarakat, Bupati Meminta semua masyarakat bersama-sama dan bekerja keras untuk memajukan daerah.

"Berat sama dipikul ringan sama dijinjing, insyaallah kita akan dapat mewujudkan pembangunan Kabupaten Bulungan dengan visinya mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju, dan sejahtera," tutur Bupati.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement