Kamis 23 Apr 2020 13:27 WIB

Mudik Dilarang, Daop 8 Surabaya Batalkan Semua Perjalanan

Perjalanan KA dari Surabaya/ Malang yang menuju Bandung dan Jakarta dibatalkan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Penumpang kereta api berjalan di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Penumpang kereta api berjalan di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya membatalkan seluruh perjalanan kereta dari Surabaya/ Malang yang menuju Bandung dan Jakarta. Pembatalan perjalanan kereta yang dilakukan mulai 24 April 2020 ini, seiring dengan kebijakan pemerintah yang melarang mudik di masa pademi virus vorona atau Covid-19.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan ada 20 perjalanan kereta api per hari dari Malang/ Surabaya menuju Bandung dan Jakarta, yang dibatalkan operasi perjalanannya. Rinciannya, relasi Surabaya/ Malang–Bandung dua kereta api, relasi Surabaya/ Malang– Bandung-Jakarta empat kereta api, dan relasi Surabaya/ Malang–Cirebon–Jakarta 14 kereta api.

“Pembatalan perjalanan KA penumpang ini, untuk sementara ditetapkan hingga 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan,” ujar Suprapto di Surabaya, Kamis (23/4).

Suprapto menegaskan, calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket, akan dikembalikan penuh, di luar bea pesan. Calon penumpang, kata Suprapto dapat membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access atau datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk.

PT KAI Daop 8 Surabaya memohon maaf "kepada penumpang yang perjalanannya tertunda. Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020," kata Suprapto.

Suprapto menjelaskan, masih ada enam perjalanan kereta api jarak jauh yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8. Yakni KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng–Ketapang, KA Maharani relasi Surabaya Pasar Turi–Semarang Poncol, KA Ranggajati relasi Cirebon–Surabaya Gubeng–Jember, KA Ranggajati relasi Jember–Surabaya Gubeng–Cirebon, KA Wijaya Kusuma relasai Cilacap–Surabaya Gubeng–Ketapang, dan KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang–Surabaya Gubeng–Cilacap.

Sementara, lanjut Suprapto, perjalanan KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 21 perjalanan, setelah 25 lainnya dibatalkan.  KA Lokal yang dibatalkan tersebut di antaranya KA Komuter relasi Bangil–Surabaya Kota, KA Komuter Sulam relasi Surabaya Pasar Turi–Lamongan, dan KA Jenggala relasi Sidoarjo–Mojokerto.

KA lokal yang masih beroperasi di antaranya KA Penataran relasi Surabaya Kota–Malang–Blitar, KA Dhoho relasi Surabaya Kota–Kertosono–Blitar, KA Lokal Bojonegoro relasi Siodoarjo–Surabaya  Pasar Turi–Babat, dan KA Lokal Kertosono relasi Surabaya  Kota–Kertosono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement