Rabu 22 Apr 2020 15:16 WIB

PB HMI Apresiasi Keputusan Belva Mundur dari Istana

Langkah mundur Belva adalah sikap bijak seorang pejabat publik yang patut dicontoh.

Rep: Ali Mansur / Red: Agus Yulianto
Ketua Bidang Politik * Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Muktamar Umakaapa
Foto: dok. Pribadi
Ketua Bidang Politik * Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Muktamar Umakaapa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) mengapresiasi keputusan CEO Ruang Guru, Adamas Belva Syah untuk mengundurkan diri sebagai staf khusus Presiden Joko Widodo. Keputusan pengunduran diri Belva ini terkait terlibatnya Ruang Guru dalam program Kartu Prakerja yang menuai polemik.

Ketua Bidang Politik PB HMI, Muktamar  Umakaapa menuturkan, keputusan Belva untuk mundur dari stafsus presiden merupakan langkah yang tepat sebagai bentuk pertanggung jawaban dirinya kepada masyarakat Indonesia. “Langkah Mas Belva untuk mundur sudah tepat sebagai seorang pejabat publik. Karena ada amanah masyarakat Indonesia terutama kelompok milenial yang harus dijaga dengan baik,” ungkap Muktamar dalam keterangannya, Rabu (22/4).

Lagipula hal ini, lanjut Muktamar, juga tidak sebanding dengan nama besar seorang Belva CEO startup yang sukses di Indonesia harus bergumul dengan kepentingan politik pemerintahan yang ada. Menurutnya, langkah mundur Belva adalah sikap bijak dari seorang pejabat publik yang patut untuk dicontohi oleh pejabat lainnya di Indonesia. Bila amanah yang telah diberikan tidak dapat dijaga dengan baik maka keputusan mundur adalah tindakan yang bijaksana.

“Belva menunjukan kita contoh yang baik dalam konteks mendahulukan kepentingan masyarakat banyak ketimbangan kepentingan dirinya sendiri,” tutur Muktamar.

Menurut Muktamar, jika banyak pejabat di Indonesia bisa melakukan hal yang sama, maka tidak hanya akan akan medukung kinerja pemerintah tetapi dapat menjaga kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan saat ini.

Muktamar menambahkan, yang terpenting dalam proses ke depan, Belva menjadi contoh kepada semua anak muda di Indonesia. Yakni kelompok muda harus dapat berbuat lebih besar kepada Negara meskpun tanpa harus terlibat di dalam pemerintahan.

“Mengabdi kepada Negara tanpa harus masuk di dalam sistem pemerintahan adalah pelajaran yang telah diberikan oleh Mas Belva. Kita dapat berbuat lebih besar dan banyak kepada bangsa Ini tanpa harus diberikan jabatan apapun,” ucap Muktamar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement