Rabu 22 Apr 2020 08:23 WIB
Kartini

Rasuna Said: Kartini Minangkabau Yang Terlupakan

Saat HR Rasuna Said di Penjara

Pamfelt dari Bung Karno untuk HR Rasuna Said saat dalam penjara.
Foto: Purwad Sadim
Pamfelt dari Bung Karno untuk HR Rasuna Said saat dalam penjara.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Purwadi Sadim, Jurnalis Senior Dan Penulis Sejarah

Selain Kartini, ada sejumlah perempuan pejuang wanita semasanya dan masa selanjutnya. Salah satu diantaranya adalah HR Rasuna Said. Di hari baik ini ditampilkan tulisan kawan Purwadi Sadim a.k.a Pedje Saja yang pernah dimuat di satu surat-kabar.


--------------------

Majalah Fikiran Ra’jat yang dipimpin Bung Karno dalam edisi nomor 24, terbit 9 Desember 1932, memberitakan penangkapan Rasuna Said oleh polisi kolonial Belanda. ”Dalam rapat oemoem P.M.I. di Padang seorang kaoem iboe bernama Rasoena Said telah kena spreekdelict dan ditahan preventief,” demikian ditulis majalah itu.

Penahanan Rasuna Said juga kembali disinggung majalah tersebut pada edisi nomor 35, terbit 24 Februari 1933, dengan judul berita “Rasoena Said dapat teman boeat 8 hari”. Isi beritanya sebagai berikut.

“Rasoena Said beloem lagi beberapa mendjalankan pengorbanannja, sekarang (6 Februari ’33) telah mengiring di tempat itoe djoega [hotel prodeo di Pajakomboeh] Sdr. Mardiani Djali dan Fatimah Reno, doea pengadjoer Islam nationalism Nahdatoelnisaijah P.N.N., P 8 hari lamanja, karena ditoedoeh beropenbaar zonder beritahoe dan membiarkan anak-anak dalem vergadering jang terseboet. Bertambah njata bagi kita sekarang bahwa pergerakan Ra’jat soedah dekat dan hampir dipoentjaknja.

“Diwaktoe kaoem Iboe telah berani mengorbankan dirinja dalem pergerakan Ra’jat tanda kemerdekaan soedah sangat dekat.

“Ketahoei dan jakinlah!!!

“Begitoe saudara Bsd. K. dari Pajakomboeh toelis pada kita.”

Dengan memakai nama samaran Soemini, Bung Karno dalam Fikiran Ra’jat juga menggambar ilustrasi simbolis tentang penangkapan dan penahan Rasuna Said. Ilustrasi itu diberi tajuk “Salam dari Pendjara”, dengan keterangan berbunyi “Saodara poeteri Rasoena Said kini meringkoek dalam penjara boeat satoe tahoen tiga boelan lamanja oentoek Indonesia Merdeka. Hidoeplah Indonesia Merdeka!”

Tak diketahui kapan Bung Karno dan Rasoena Said bertemu langsung untuk pertama kalinya. Namun, tercatat, menjelang kemerdekaan, Rasuna Said adalah satu dari dua perempuan yang menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Satu perempuan lain adalah ialah Siti Soekaptinah.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Rasuna Said aktif di Badan Penerangan Pemuda Indonesia dan Komite Nasional Indonesia. Juga duduk dalam Dewan Perwakilan Sumatera mewakili daerah Sumatera Barat. Ia diangkat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat (DPR RIS), kemudian menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung setelah Dekret Presiden 5 Juli 1959 sampai akhir hayatnya. Semasa hidupnya, Rasuna Said juga aktif di Persatuan Wanita Republik Indonesia (Perwari).

Jejak Perjuangan Politik Rasuna Said

     Keterangan foto: HR Rasuna Said.

 

                                      ******

Rasuna dan Bung Karno semasa hidupnya dikenal sebagai dua orang sahabat dekat. Ketika terjadi pemberontakan PRRI/Permesta di sejumlah daerah, Rasuna mendukung Bung Karno untuk memadamkan pemberontakan tersebut.

Dalam “Rapat Pantja Sila” yang digelar di Bandung pada 1958, Bung Karno mengajak Rasuna untuk ikut berpidato. Rasuna dipersilakan menyampaikan orasinya terlebih dulu.

Dalam kesempatan itu, Rasuna mengecam pemberontakan PRRI/Permesta sebagai gerakan subversif. “Mereka membentuk PRRI yang tidak revolusioner sama sekali, tetapi reaksioner. Saya sangat malu sebagi seorang putri dari Minangkabau, karena petualangan ini justru adanya di Minangkabau,” kata perempuan yang lahir di Desa Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, 15 September 1910, itu.

Bung Karno pun memuji Rasuna Said sebagai Srikandi Indonesia. Putra sang Fajar memuji kegigihan Rasuna Said dalam berjuang fisik menentang penjajahan. Juga memuji ketangguhan mental Rasuna Said, walau sempat dijebloskan ke penjara, dan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tampaknya, Bung Karno memang sengaja mengajak Rasuna untuk hadir dalam rapat umum itu. Karena, sebulan sebelumnya, pada 15 Februari 1958, Dewan Perjuangan PRRI di Padang, Sumatera Barat, mengeluarkan ultimatum pemberontakannya terhadap pemerintahan yang dipimpin Bung Karno.

                              

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement