Senin 20 Apr 2020 16:52 WIB

Dua Pasien di Banyumas Sembuh, Tambah Seorang Positif

Total, ada 13 pasien covid-19 di Banyumas.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Kereta Inspeksi milik PT . KAI melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan serta kebersihan terkait penyebaran virus corona, kepada penumpang, di Stasiun Purwokerto, Banyumas, Jateng, Ahad (8/3/2020).
Foto: Antara/Idhad Zakaria
Kereta Inspeksi milik PT . KAI melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan serta kebersihan terkait penyebaran virus corona, kepada penumpang, di Stasiun Purwokerto, Banyumas, Jateng, Ahad (8/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Banyumas, kembali menerima hasil pemeriksaan laboratorium terhadap para pasien yang dirawat di beberapa rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan yang diterima Senin (20/4), dua orang pasien yang sebelumnya dinyatakan positif, dinyatakan sembuh.

Namun bersamaan dengan itu, pihak Gugus Tugas juga menerima hasil pemeriksaan laboratorium mengenai adanya seorang pasien yang dinyatakan positif. Pasien yang dinyatakan positif merupakan anggota TNI yang baru pulang menjalani pendidikan di Bandung.

Baca Juga

Mengenai pasien yang dinyatakan sembuh, Bupati Banyumas Achmad Husein menyebutkan keduanya terdiri dari seorang nenek usia 72 tahun warga Desa Batuanten Kecamatan Cilongok. Satu lagi merupakan seorang laki-laki usia 53 warga Kelurahan Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan.

''Dengan kesembuhan dua pasien ini, berarti secara keseluruhan ada empat pasien Covid 19 di Banyumas yang dinyatakan sembuh. Hasil pemeriksaan sampel swab yang semula positif, sudah dinyatakan negatif,'' ujar dia. 

Mengenai pasien yang hasil pemeriksaannya positif, Bupati menyatakan, pasien ini berjenis kelamin laki-laki berusia 34 tahun, warga Desa Sokaraja Kidul Kecamatan Sokaraja. ''Yang bersangkutan baru pulang mengikuti diklat di Bandung. Namun begitu sampai rumah, yang bersangkutan mengeluh sakit sehingga langsung dirawat di rumah sakit DKT Wijayakusuma,'' kata dia.

Berdasarkan keterangan tersebut, yang bersangkutan dipastikan belum sempat kontak dengan banyak orang, kecuali dengan keluarganya saja. ''Pihak keluarga pasien, atas inisiatif sendiri sudah melakukan karantina mandiri,'' katanya.

Berdasarkan data kondisi perkembangan kasus Covid 19 yang dihimpun Gugus Tugas, total jumlah warga Banyumas yang dinyatakan positif Covid 19 dari hasil pemeriksaan laboratorium ada sebanyak 13 orang. Dari jumlah itu, 7 orang masih menjalani perawatan, 4 orang dinyatakan sembuh, dan 2 orang meninggal dunia.

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada sebanyak 280 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada sebanyak 64 orang. Seluruh warga yang berstatus PDP maupun ODP sudah dilakukan karantina. Ada yang melakukan karantina mandiri, namun ada juga yang dikarantina paksa di lokasi karantina yang disediakan Pemkab Banyumas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement