Sabtu 18 Apr 2020 00:41 WIB

Tangis Haru Tenaga Medis RSPAD dari Sebotol Madu

Tim medis merasa sangat diperhatikan oleh atasan melalui kiriman botol berisi madu.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andi Nur Aminah
Madu memiliki banyak khasiat untuk tubuh (ilustrasi)
Foto: flickr
Madu memiliki banyak khasiat untuk tubuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Madu menjadi salah satu pilihan tim medis untuk menjaga stamina dan mendapatkan manfaat antibiotik alami. Kepala Staf Angkatan Darat Andika Perkasa yang menyapa tim medis RSPAD Gatot Soebroto dalam sebuah teleconference (6/4) lalu, menanyakan kebutuhan pasokan makanan dan minuman apa yang belum terpenuhi untuk tim medis. 

Tim Medis RSPAD Gatot Soebroto, Mayor (K) CKM Noviati, dari Divisi Instalasi Gizi pun menyampaikan bahwa RSPAD Gatot Soebroto kerap mendapatkan bantuan makanan nasi kotak dan minuman seperti susu UHT, air mineral. Namun mereka masih kekurangan suplai madu. Dia menyebut masih banyak tenaga medis yang tidak mendapatkan bantuan tersebut.

Baca Juga

Penyediaan madu ini ditangani langsung dibawah koordinasi, Diah Erwiany, Istri KSAD Andika Perkasa. “Kami akan segera mengirimkan madu berkualitas," kata KSAD Andika Perkasa.

Pendistribusian madu lantas dilakukan di hari yang sama dan diterima langsung oleh seluruh tenaga medis RSPAD Gatot Soebroto. Madu-madu tersebut dibagikan ke semua ruangan yang berada di RSPAD.

Salah seorang perawat di RSPAD mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan tersebut. Dia mengaku merasa sangat diperhatikan oleh atasan melalui kiriman madu tersebut. "Ini sangat membantu kami. Karena kebetulan anggota kami sudah hampir dua bulan tidak pulang dan bertemu keluarga. Perhatian ini menjadi motivasi untuk berjuang melawan covid," kata perawat tersebut.

Divisi Instalasi Gizi TNI AD, Mayor (K) CKM Noviati mengatakan, kiriman madu sudah dicek meskipun bahan konsumsi itu sudah sesuai dengan standar operasional prosedur rumah sakit. Dia mengatakan, pengecekan dilakukan guna memastikan keaslian madu yang dikirim.

Dalam teleconference itu pula, istri KSAD Andika Perkasa, Diah Erwiany alias Hetty juga menyapa seluruh tenaga medis. Hal tersebut dia lakukan sambil memastikan bahwa donasi madu tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kiriman madu itu pun lantas memantik haru dari Hetty, KSAD hingga para tenaga medis yang menerima bantuan tersebut. Mereka beranggapan, madu itu sebagai bentuk kepedulian bersama dalam melawan pandemik yang terjadi.

Hetty mengatakan pengiriman madu akan dilakukan berkala. Berdasarkan informasi, satu botol madu akan habis dalam konsumsi selama satu pekan. Respons cepat atas permintaan donasi madu itu bagi tenaga medis dirasakan sebagai bentuk perhatian yang besar. “Baik, jika masih perlu ada yang ditambah selain madu, bisa sampaikan kalian butuh apa, karena apa yang kami berikan enggak ada apa-apanya dibandingkan pengorbanan kalian," kata Hetty dengan suara bergetar.

Dalam kesempatan itu Hetty juga mengimbau seluruh warga ikut berdoa agar wabah yang disebabkan dari virus ini cepat berakhir. Dia juga meminta warga untuk mendoakan para tenaga medis agar tetap diberikan kesehatan.

Ada delapan rumah sakit rujukan di Provinsi DKI Jakarta, salah satunya RSPAD Gatot Soebroto, merupakan salah satu rumah sakit di antara delapan rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta. Sejumlah tenaga medis terpaksa bertahan di fasilitas kesehatan tersebut guna merawat para pasien yang terpapar virus Corona.

Jumlah pasien positif terinfeksi virus Covid-19 alias Corona terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. DKI Jakarta merupakan salah satu wilayah dengan jumlah pasien positif terinfeksi virus terbanyak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement