Selasa 17 Mar 2020 14:05 WIB

RSUD Temanggung Tambah Delapan Kamar Isolasi

Tambahan kamar isolasi tersebut sedang dalam persiapan dan secepatnya dioperasikan

Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri)
Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG - Rumah Sakit Umum Daerah Temanggung, Jawa Tengah, menambah delapan kamar isolasi dari dua kamar isolasi yang sudah ada di rumah sakit tersebut untuk penanganan pasien kasus Covid-19.

"Kedelapan kamar itu dalam persiapan untuk menampung pasien corona apalagi semakin hari ada tren peningkatan jumlah penderita virus corona," kata Direktur RSUD Temanggung, Tetty Kurniawati, Selasa (17/3).

Ia menyampaikan tambahan kamar isolasi tersebut sedang dalam persiapan dan dalam hitungan hari atau secepatnya sudah bisa dioperasikan. RSUD Temanggung kini ditunjuk Dinas Kesehatan Jateng menjadi rumah sakit lini 2 yang merawat pasien kasus Covid-19.

"Lini 2 ini ada di bawah lini 1. Kalau lini 1 ini rujukan yang ditunjuk oleh dinkes provinsi, kemudian kita ada di lini 2, meskipun kita ada di lini 2 kita siap merawat pasien-pasien dengan kecurigaan infeksi Covid-19," katanya.

Ia menyampaikan rujukan-rujukan di lini 1 banyak yang penuh sehingga kesulitan untuk merujuk ke lini 1 maka RSUD Temanggung di lini 2 pun harus siap merawat pasien terpapar Covid-19 sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Namun, katanya ada beberapa kendala yang dihadapi, antara lain alat pelindung diri (APD) yang masih terbatas jumlahnya.

"APD ini khusus, ada standarnya dari Kementerian Kesehatan dan ini jumlahnya terbatas," katanya.

Ia menyebutkan ada 20 APD di rumah sakit yang dipimpinnya dan beberapa sudah dipakai.

"Solusi untuk mengatasi keterbatasan APD, kita berusaha mencari dan mengajukan permohonan ke Dinas Kesehatan untuk menyiapkan APD, kebutuhan APD sebanyak mungkin karena kita tidak tahu berapa jumlah pasiennya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement