Selasa 17 Mar 2020 09:22 WIB

Disdik Bandung Minta Orang Tua tak Ajak Anak Liburan

Orang tua tidak memanfaatkan belajar di rumah selama dua pekan untuk liburan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di sekolah
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mengimbau orang tua siswa tidak memanfaatkan waktu belajar di rumah selama dua pekan untuk liburan atau berkeliaran ke luar rumah. Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memutuskan meliburkan pembelajaran siswa dari tingkat PAUD, TK, SD dan SMP selama 14 hari.

Sekretaris Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra mengatakan pembelajaran siswa SD dan SMP dipindahkan dari sekolah ke rumah. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan tiap sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring.

"Ini menjadi kewajiban bersama terutama orang tua dan masyarakat, jangan sampai malah dipersepsikan libur," ujarnya, Selasa (17/3). Menurutnya, siswa belajar di rumah agar anak-anak menghindari berinteraksi dengan yang lain.

"Kami berkoordinasi tiap sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari sisi konten maupun teknologinya," katanya.

Ia mengatakan, meski sekolah negeri dan swasta memiliki fasikitas berbeda-beda namun dari segi kurikulum memiliki kesamaan sehingga siswa bisa belajar di rumah masing-masing.

"Intinya ada aktivitas belajar yang dilakukan anak-anak, agar dia tidak beraktivitas keluar dari rumah," katanya.

Cucu pun mengimbau agar seluruh orang tua siswa aktif memantau kegiatan anaknya selama proses belajar di rumah. "Sekali lagi ini bukan libur, hanya ditunda," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement