Jumat 13 Mar 2020 23:10 WIB

Kemenpora Serahkan Keputusan Kompetisi ke Federasi

Kemenpora akan segera membuat protokol perlindungan bidang olahraga.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Friska Yolandha
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar konferensi pers terkait virus corona dan keolahragaan nasional di kantor Kemenpora, Jumat (13/3). (Republika/Muhammad Ikhwanuddin )
Foto: Republika/Muhammad Ikhwanuddin
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar konferensi pers terkait virus corona dan keolahragaan nasional di kantor Kemenpora, Jumat (13/3). (Republika/Muhammad Ikhwanuddin )

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menyerahkan keputusan batal atau tidaknya penyelenggaraan kompetisi olahraga kepada masing-masing pengurus federasi cabang olahraga (cabor). Kemenpora juga akan segera membuat protokol perlindungan virus corona di bidang olahraga. 

Hal itu disampaikan Menpora RI, Zainuddin Amali setelah menggelar rapat tertutup dengan perwakilan pengurus federasi, National Olympic Comitee (NOC) Indonesia, KONI Pusat, penyelenggara kompetisi olahraga, dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. "Kebijakan keberlangsungan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik dalam negeri ataupun luar negeri, kami serahkan kepada induk organisasi masing-masing dengan memerhatikan perkembangan penyebaran virus corona di tanah air," kata Menpora dalam konferensi pers di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (13/3). 

Baca Juga

Di satu sisi, Kemenkes dan Kemenpora belum menyiapkan prosedur standar terkait keolahragaan nasional di tengah merebaknya virus corona. "Selanjutnya, Kemenkes dan Kemenpora bersama dengan stakeholder olahraga sebagaimana yang sudah diminta pandangannya, akan segera merumuskan protokol perlindungan virus corona di bidang olahraga," ujar Menpora. 

"Kami sangat memerhatikan apa yang menjadi pernyataan WHO, sekali lagi kami tidak mengacuhkan atau cuek. Kami serius tapi masyarakat tidak boleh panik," ucapnya. 

Menpora menyampaikan, masyarakat tetap melanjutkan aktivitas keolahragaan seperti biasa. Ia berpesan agar masyarakat yang tetap berolahraga terus menjaga kebersihan tubuh. 

"Kemenpora mengimbau masyarakat untuk tetap aktif terutama berolahraga silakan lanjutkan tetapi lebih menjaga kebersihan serta tetap hidup sehat dan meningkatkan kebugaran," ucap dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement