Selasa 10 Mar 2020 15:07 WIB

Pemerintah Pantau WNI di Italia

Italia menutup seluruh wilayah negaranya untuk mencegah penyebaran corona

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Pengunjung berjalan di St Mark
Foto: Anteo Marinoni/LaPresse via AP
Pengunjung berjalan di St Mark

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Pemerintah Italia telah mengumumkan penutupan seluruh wilayah negaranya untuk mencegah penyebaran virus corona. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pemerintah akan terus memantau dampak penutupan terhadap WNI yang tengah berada di negara tersebut.

"Dari waktu ke waktu kita terus memantau kondisi warga negara kita. Jadi kita sedang juga memperhatikan nanti dampak terhadap WNI di Italia seperti apa," ujar Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Retno menegaskan pemerintah memiliki kewajiban untuk tetap memperhatikan warganya yang tengah berada di luar negeri meskipun saat ini pemerintah juga tengah menangani kasus corona di dalam negeri.

Kementerian Luar Negeri juga terus melakukan komunikasi dengan KBRI di Roma untuk mendapatkan informasi terkini terkait jumlah WNI dan sebarannya di Italia. Selain itu, pemerintah juga terus memantau perkembangan kesehatan 57 WNI ABK yang berada di kapal Grand Princes.

"Konjen kita yang ada di San Fransisco juga sudah lakukan komunikasi dengan wakil dari ABK yang ada di kapal. Jadi kita monitor dan kita hanya ingin yakinkan bahwa kita semuanya care terhadap WNI di manapun berada," ucap Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement