Jumat 06 Mar 2020 19:35 WIB

Pasien WNA Jepang di RS Sardjito Mulai Membaik

WNA saat ini masih dalam pengawasan pihak Sardjito dan berada di ruang isolasi.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih
Ruang Isolasi Khusus. Ruang isolasi khusus Melati V di RSUP Sardjito, Yogyakarta, Senin (20/1).
Foto: Republika/ Wihdan
Ruang Isolasi Khusus. Ruang isolasi khusus Melati V di RSUP Sardjito, Yogyakarta, Senin (20/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Paru RSUP Dr. Sardjito, Ika Trisnawati mengatakan, kondisi Warga Negara Asing (WNA) asal Jepang yang diisolasi sudah mulai membaik. WNA tersebut saat ini masih dalam pengawasan pihak Sardjito dan berada di ruang isolasi.

WNA asal Jepang tersebut dalam rangka kunjungan ke DIY. Mahasiswa itu sudah dalam pemeriksaan di Sardjito sejak 3 Maret lalu.

Baca Juga

"Sudah dalam kondisi baik dan sudah tidak demam. Kita sudah berikan edukasi juga, artinya kami tenangkan karena ini mahasiswa ya dan ada di negara orang," kata Ika di RSUP Dr. Sardjito, Sleman, Jumat (6/03).

Saat datang ke Sardjito, WNA tersebut didiagnosa menderita demam dan infeksi paru-paru. Pasien langsung ditempatkan di ruang isolasi.

 

Ia menjelaskan, tim medis pun telah melakukan lab swab covid dan serum, rontgen serta pemeriksaan laboratorium rutin. Namun, untuk hasil pemeriksaan swab covid akan dikeluarkan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Pasien Jepang mudah-mudahan dalam satu atau dua hari ini sudah ada hasil (dari Balitbangkes)," ucap Ika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement