Rabu 04 Mar 2020 13:28 WIB

Menkominfo: Hoaks Rugikan Diri Sendiri, Keluarga, dan Negara

Menkominfo menyatakan aparat akan mengambil langkah tegas menindak penyebar hoaks.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Menkominfo Johnny G. Plate
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Menkominfo Johnny G. Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan, hoaks merugikan diri sendiri hingga negara, terutama dalam situasi seperti saat ini. Ia mengatakan, terdapat sanksi hukum bagi produsen hoaks.

"Produsen hoaks itu merugikan diri sendiri, keluarga sendiri, merugikan masyarakat, bangsa, dan negara," ujar Johnny di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (3/3) malam.

Baca Juga

Ia menjelaskan, ada sanksi hukum bagi pembuat kabar bohong, baik itu hukum pidana maupun sanksi materielnya. Menurut dia, aparat keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) akan mengambil langkah-langkah tegas untuk menindak penyebar hoaks.

"Apalagi, ada sanksi hukum. Hukum pidananya maupun sanksi materielnya. Mulai saat ini aparat kamtibmas kepolisian akan mengambil langkah-langkah yang tegas," tutur dia.

Kemenkominfo, kata Johnny, sudah berkomunikasi dengan berbagai platform media sosial. Menurut dia, pihaknya meminta mereka untuk menurunkan semua konten yang dikategorikan hoaks ataupin disinformasi.

"Tetapi, di saat yang sama, kami juga berkomunikasi dengan Polri untuk mengambil langkah-langkah sesuai dengan amanat UU agar kita bersama-sama sukses mengawal dan menjaga serta menjadi prisai bangsa negara kita," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement