Rabu 04 Mar 2020 11:06 WIB

Edukasi Cerdas ASI, RS Azra Gelar Workshop Senam Hamil

Senam hamil merupakan salah satu yang dapat membantu para ibu agar dapat melahirkan dengan mudah.

Workshop Senam Hamil yang digelar RS Azra.
Foto: RS Azra
Workshop Senam Hamil yang digelar RS Azra.

Republika.co.id, BOGOR -- Ibu yang sedang mengandung dalam usia kehamilan di atas 28 pekan sudah sewajarnya mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan. Selain pakaian, box bayi, dan perlengkapan lainnya, ada hal penting lainnya yang sangat dibutuhkan para ibu, salah satunya senam hamil. Senam hamil merupakan salah satu yang dapat membantu para ibu agar dapat melahirkan dengan mudah, juga untuk yang menginginkan proses persalinan normal.

RS Azra kali ini menggelar workshop senam hamil dengan instruktur bidan Reni Cahyanti. Kegiatan yang diikuti oleh 25 peserta ini mendapatkan antusias yang luar biasa, dengan sudah berdatangannya peserta sebelum waktu kegiatan dimulai. Menurut informasi, peserta yang hadir ada yang mengalami kehamilan pertama, kedua, dan ada pula yang ketiga. Dapat disebut, ternyata tidak hanya pada kondisi kehamilan pertama, ibu yang sedang hamil anak kedua dan seterusnya pun tetap semangat untuk mendapatkan ilmu baru, terutama untuk yang terbaik bagi sang buah hati.

“Antuasiasnya ramai sekali. Sebetulnya data waiting list kami mencapai 35 orang. Namun, karena keterbatasan ruangan, jadi kami hanya dapat memfasilitasi 25 orang saja,” ujar Riandy Adha selaku penyelenggara.

Ruang training center Gedung B Lantai 1 RS Azra menjadi tempat yang digunakan untuk kegiatan senam hamil. Pada pukul 09.15 WIB kegiatan dibuka oleh MC, dengan menyapa peserta untuk menaikkan semangat pada pagi hari, dilanjutkan dengan pemutaran video safety briefing sebagai standar keamanan di RS Azra, berdoa bersama. Sebelum masuk sesi workshop senam hamil, ada penyampaian materi edukasi cerdas dengan tema “MenginspirASI, MengedukASI, dan MengaASIhi” yang disampaikan secara seru dan meriah oleh bidan Yulita selaku konselor laktasi RS Azra. Materi yang disampaikan seputaran manajemen laktasi, bagaimana cara menyusui yang baik dan benar untuk ibu dan bayi, posisi yang nyaman, dan banyak tentang hal lainnya.

Selepas materi edukasi cerdas dan sesi tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan sesi workshop senam hamil yang dipandu langsung instruktur yang tersertifikasi. Dimulai dari pemanasan, terlihat peserta serius dan fokus mengikuti gerakan-gerakan yang diberikan oleh bidan Reni. Manfaat dari senam hamil itu di antaranya dapat menjadikan pinggul lebar sehingga dapat memudahkan proses persalinan, meredakat nyeri dan ketidaknyamanan selama masa hamil, memperkuat jantung dan paru-paru, serta membuat tidur lebih nyenyak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement