Senin 02 Mar 2020 17:01 WIB

Panlih Minta Cawagub DKI Lengkapi Syarat Administratif

Selain melengkapi berkas persyaratan, kedua cawagub pun terus melakukan lobi-lobi.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agus Yulianto
Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta mulai bekerja dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Panlih oleh Pimpinan DPRD DKI. Salah satu tahapannya, Cawagub akan dimintakan kelengkapan administratif sebagai syarat terdaftar sebagaimana diatur dalam Tata Tertib (Tatib) pemilihan.

Ketua Panlih Farazandi Fidinansyah mengatakan, panlih wagub terpilih mewakili fraksi yang ada dimana ada 9 orang sudah melaksanakan mekanisme yang disepakati atau berdasarkan tatib yang ada. Agenda selanjutnya, kata dia, adalah rapat koordinasi menyiapkan tahapan sesuai tatib bagi dua cawagub yang telah ada.

"Kita punya semangat ghiroh yang sama untuk melaksanakan proses Panlih Wagub ikuti aturan yang ada. Setelah ini segera bersurat untuk legitimasi terhadap posisi kami sebagai panlih dan kedua selaku Panlih Wagub. Kita tunggu SK, lanjutkan besok, sembari cicil pekerjaan yang kita kerjakan," ungkap Farazandi yang juga Anggota DPRD dari Fraksi PAN ini kepada wartawan di Kebon sirih, Senin (2/3).

Anggota Panlih dari Fraksi Gerindra S. Andyka mengatakan, dalam waktu cepat, Panlih akan menyusun rancangan kerja per hari, termasuk tahapan tahapan. Langkah awalnya, kata dia, dimulai dengan meminta kepada calon menyerahkan persyaratan untuk maju sebagai wagub. Baik itu syarat administrasi maupun syarat faktual.

"Standar syarat administrasinya umum saja, seperti KTP, NPWP, jumlah kekayaan, keterangan mundur dari jabatan publik yang ada, tidak terikat pada instansi manapun juga, kalau menjabat sebagai notaris atau lawyer harus mundur terlebih dulu. Jadi syarat yang umum saja bukan syarat spesifik sih," ungkap Andyka. Bila syarat-syarat cawagub tersebut sudah dilengkapi, selanjutnya penyampaian ide dan gagasan. 

Cawagub DKI dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyampaikan terima kasih kepada beberapa fraksi di DPRD yang sudah menyatakan secara terbuka ataupun masih secara perseorangan menyatakan dukungan kepadanya. Ariza, sapaan akrabnya, mengaku jelang pemilihan nanti, selain melakukan lobi ke beberapa fraksi, dirinya juga sedang mempersiapkan diri menghadapi uji kelayakan di DPRD.

Hal yang sama disampaikan Cawagub dari PKS Nurmansjah Lubis. Nurmansjah yang akrab disapa Bang Ancah mengatakan, dirinya sedang mempersiapkan berbagai persyaratan yang harus dimiliki sebagai cawagub DKI sebagaimana diatur dalam tatib yang telah disahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement