Jumat 28 Feb 2020 01:20 WIB

Ratusan Ikan Mati di Maluku Utara, Penyebab Masih Diteliti

Contoh ikan mati mendadak di Pesisir Maluku Utara sudah dibawa ke Labfor Makassar.

Nelayan mengayuh perahu diantara ikan-ikan yang mati di Linggai, Danau Maninjau, Kab.Agam, Sumatera Barat, Jumat (7/2/2020).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Nelayan mengayuh perahu diantara ikan-ikan yang mati di Linggai, Danau Maninjau, Kab.Agam, Sumatera Barat, Jumat (7/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID,  TERNATE -- Masyarakat Maluku Utara (Malut), khususnya Kota Ternate, Pulau Makian, Desa Poilidan Desa Matantengin, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), dihebohkan dengan ikan mati mendadak di perairan Ternate maupun di Halmahera Selatan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate Ruslan Bian di Ternate, Kamis, mendengar fenomena ikan mati mendadak di perairan Taman Nukila dan sekitarnya. Permukaan air laut di Taman Nukila Ternate juga terlihat keruh berwarna kecoklatan yang berbeda dengan kondisi sebelumnya.

Pihaknya langsung bergerak untuk menyelam agar bisa memastikan ikan yang mati di kedalaman. Saat menyelam dengan kedalaman 6-10 meter terdapat beberapa jenis ikan yang mati di antaranya ikan kaka tua dan jenis ikan karang lainnya.

Menurut Ruslan, pada awal mendengar ikan mati di pesisir Pantai Taman Nukila terlihat keruh berwarna kecoklatan dan saat menyelam jarak pandang cuma 2 meter. Ketika menyelam kembali pada pukul 11.00 WIT air laut kembali normal seperti biasa.

Untuk mendapat kepastian ikan mati mendadak itu, harus ada uji coba di laboratorium agar bisa dipastikan penyebab dari kematian ikan dan air yang keruh.

Dia mengimbau agar masyarakat jangan mengonsumsi ikan mati mendadak karena hasil laboratorium belum ada hasilnya, disamping tidak ada kerusakan karang.

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Malut, Kombes Pol Djarot Agung Riadi melalui Kasubdit Gakkum Polairud Polda Maluku Utara, Kompol Erwin mengatakan telah mengirimkan contoh ikan mati ke laboratorium di Makasar.

Contoh ikan yang di bawah, diambil dari tiga Desa diantaranya Desa Ploli,Desa Sangapati dan Desa Matangtenggi pulau Makean Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

"Contoh ikan telah dibawa oleh anggota ke Labfor Makassar dengan pesawat dan akan diteliti untuk mengetahui penyebab terjadinya fenomena ikan mati dan pesisir laut berubah warna.

"Sekarang belum ada kepastian dari kejadian tersebut, nanti kita menunggu hasil laboratorium di Makassar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement