Jumat 21 Feb 2020 12:09 WIB

Momen Formula E untuk Maksimalkan Pariwisata DKI

Formula E akan mendatangkan turis-turis mancanegara juga domestik ke Jakarta.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agus Yulianto
Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto menjelaskan rencana rute sirkuit yang disiapkan untuk balap mobil Formula E di kompleks GBK, Senayan.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto menjelaskan rencana rute sirkuit yang disiapkan untuk balap mobil Formula E di kompleks GBK, Senayan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta berharap, Pemprov DKI terus berupaya optimal dalam menyukseskan gelaran event internasional perdana Formula E 2020 pada 6 Juni mendatang. Pasalnya, salah satu gelaran event internasional itu akan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik hingga mancanegara. 

Terlebih, kata Ketua Komisi B DPRD DKI Abdul Aziz meyakini, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) telah menargetkan kedatangan sekitar 35 ribu wisatawan selama perhelatan Formula E 2020 berlangsung. 

“Saya apresiasi sekali ya, bahwa keinginan Pemda DKI mengambil momen Formula E dilaksanakan di DKI Jakarta, yang pertama bukan hanya di DKI tapi juga di negara kita dan kita harus sukseskan (Formula E) itu. Saya yakin Formula E akan mendatangkan turis-turis mancanegara yang sangat penting untuk pariwisata kita,” katanya, kemarin.

Karena itu, Abdul Azis mengimbau, Dinas Parekraf DKI untuk bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk memastikan momen Formula E 2020 terselenggara dengan baik. Sehingga, menghasilkan kesan positif bahwa DKI Jakarta adalah kota yang ramah bagi semua kalangan.

“Makanya kita dorong. Kita harus pastikan momen ini bisa berlangsung dengan baik, karena nanti orang-orang ataupun turis-turis yang datang ke Jakarta," ujarnya.

"Kita harapkan, ketika pulang ke negaranya, mereka membawa suatu hal yang positif tentang Jakarta ini. Misalnya ‘Oh Jakarta ini penduduknya ramah-ramah’ karena Penyelenggaraan event (Formula E) ini bisa berlangsung baik dan terorganisir dengan baik,” sambung Abdul Aziz.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta sejauh ini terus mematangkan rencana promosi pariwisata Jakarta bersamaan dengan promosi penyelenggaraan balap mobil Formula E 2020.

Rencananya, promosi wisata yang akan dilakukan yaitu dengan menggelar pameran dengan skema perjalanan wisata atau travel fair baik dalam ataupun luar kota Jakarta. Untuk di dalam kota Jakarta, Dinas Parekraf DKI berencana akan melakukan travel Fair di lima lokasi mulai Maret atau April mendatang.

Selain itu, Dinas Parekraf DKI juga akan mengintegrasikan tiket Formula E dengan paket tiket pesawat hingga hotel. Termasuk, membuat paket tiket Formula E dengan trip di sejumlah objek wisata Jakarta.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement