Rabu 19 Feb 2020 16:19 WIB

Pasangan Perseorangan Serahkan Berkas Dukungan ke KPU Sumbar

Pasangan ini mengantongi dukungan masyarakat dari 19 kabupaten dan kota.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal dan Wali Kota Pariaman Genius Umar mendatangi Kantor KPU Sumbar untuk menyerahkan berkas syarat dukungan pencalonan pasangan perseorangan Pilgub Sumbar, Rabu (19/2).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal dan Wali Kota Pariaman Genius Umar mendatangi Kantor KPU Sumbar untuk menyerahkan berkas syarat dukungan pencalonan pasangan perseorangan Pilgub Sumbar, Rabu (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Sumatera Barat Fakhrizal dan Genius Umar, menyerahkan berkas dukungan sebagai kelengkapan untuk mendaftar sebagai pasangan cagub dan cawagub di jalur perseorangan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat di Kota Padang. Fakhrizal datang bersama Genius pada Rabu (19/2) siang. 

"Hari ini saya dengan Pak Genius melaksanakan tahapan penyerahan dukungan untuk calon perseorangan. Tadi sudah kita serahkan, sekarang dalam penelitian dan setelah itu nanti akan diverifikasi oleh KPUD," kata Fakhrizal. 

Fakhrizal bersama Genius membawa berkas berupa pakta integritas, surat pernyataan dukungan dari masyarakat, dan surat rekapitulasi jumlah dukungan dari masyarakat. Fakhrizal yang merupakan mantan pejabat Kapolda Sumbar tersebut mengatakan, ia bersama Genius telah mengantongi 336.657 dukungan. 

Jumlah tersebut, menurut Fakhrizal, sudah melebihi persyaratan mininal untuk bia maju sebagai pasangan calon independen yakni  316.501. Fakhrizal mengantongi dukungan masyarakat dari 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar. Di mana syarat keterwakilan dukungan untuk maju sebagai calon independen hanya 10 kabupaten dan kota di Sumbar.

Dikatakan Fakhrizal, dari 1.158 nagari desa dan kelurahan yang ada di Sumbar, dia hanya belum mengantongi berkas dukungan dari 3 nagari. "1.151 nagari/desa/kelurahan terwakili. Waktu mengumpulkannya kurang lebih selama tiga bulan," ujar Fakhrizal. 

Fakhrizal berharap, proses verifikasi berkas dukungan ini berjalan lancar di KPUD Sumbar. Supaya ia dan Genius dapat secara sah maju sebagai pasangan cagub dan cawagub Sumbar bersama Genius Umar yang merupakan pejabat petahana Wali Kota Pariaman.

Bila prose verifikasi berkas dukungan ini sudah rampupng, Fakhrizal dan Genius berencana mendaftar secara resmi ke KPUD pada 8 Juni nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement