Rabu 12 Feb 2020 13:11 WIB

Lucinta Luna Positif Psikotropika Jenis Benzodiazapine

Benzodiazapine adalah psikotropika yang bekerja menenangkan penggunanya.

Rep: Mabruroh/ Red: Indira Rezkisari
Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020).
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Selebritas Lucinta Luna ditangkap terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Berdasar Hasil tes urine, Lucinta Luna positif mengonsumsi narkoba jenis Benzodiazepine.

“Inisial LL positif mengandung Benzodiazepine. Itu masuk dalam golongan psikotropika,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (11/2).

Baca Juga

Dikutip dari laman BNN, Benzodiazapine merupakan jenis obat-obatan yang memiliki efek samping sedatif atau memenangkan. Benzodiazapine, biasanya diresepkan oleh dokter dan diperuntukkan bagi pasien yang menderita kecemasan, tertekan, dan dapat digunakan sebagai pengobatan jangka pendek pada beberapa pasien yang mengalami masalah tidur.   

Peresepan obat-obat golongan Benzodiazapine umumnya sudah berkurang. Dalam penatalaksanaan ansietas (kepanikan), pemberian obat tersebut biasanya berlangsung selama empat minggu.

Benzodiazepine biasanya dikemas dalam bentuk tablet. Penggunaannya paling umum dikonsumsi dengan cara diminum tetapi bisa juga digunakan dengan cara intravena, intramuskular, atau melalui rectal.

Penelitian menyebutkan, Benzodiazepine apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat menjadi obat yang efektif untuk gangguan panik. Serta dapat juga digunakan oleh mereka yang memiliki kesulitan tidur atau insomnia.

Benzodiazapine juga dapat digunakan sebagai perawatan kepada pasien kejang, sindrom kaki gelisah, pengobatan depresi ringan.

Benzodiazepine dikenal pula sebagai obat yang paling banyak disalahgunakan. Penyalahgunaan Benzodiazepine ini dapat dideteksi dengan melakukan tes urine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement