Rabu 05 Feb 2020 16:00 WIB

Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro Kembali Digelar

Uji coba semi pedestrian Jalan Malioboro akan digelar akhir pekan ini.

Uji coba semi pedestrian di Jalan Malioboro, Yogyakarta, akan kembali digelar pada Jumat (7/2) (Foto: Jalan Mailoboro)
Foto: Republika/ Wihdan
Uji coba semi pedestrian di Jalan Malioboro, Yogyakarta, akan kembali digelar pada Jumat (7/2) (Foto: Jalan Mailoboro)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Uji coba semi pedestrian di Jalan Malioboro, Yogyakarta, akan kembali digelar pada Jumat (7/2). Uji coba diterapkan sama seperti sebelumnya, yaitu melarang kendaraan bermotor melintas di jalan tersebut hingga Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mengetahui pola lalu lintas di sekitar Malioboro saat libur akhir pekan di luar libur panjang karena biasanya juga terjadi kenaikan volume kendaraan saat Jumat sore hingga malam,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Rabu (5/2).

Baca Juga

Uji coba semi pedestrian tersebut akan dilakukan selama 12 jam dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Jalan Malioboro akan bebas dari kendaraan bermotor dikecualikan untuk bus Transjogja dan kendaraan darurat lainnya, tetapi untuk kendaraan tidak bermotor seperti becak dan andong masih tetap diperbolehkan melintas.

Jalan sirip di sepanjang Jalan Malioboro akan diberlakukan dua arah kecuali untuk Jalan Suryatmajan dan Jalan Pajeksan. Pengguna jalan dari Jalan Suryatmajan masih diperbolehkan memotong Jalan Malioboro untuk masuk ke Jalan Pajeksan.

Selama pelaksanaan uji coba semi pedestrian yang sudah dilakukan tiap Selasa Wage, Windarto mengatakan, terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto yang menjadi alternatif pengguna jalan untuk melintas ke arah selatan. Pengguna jalan yang semula melintas di Malioboro kemudian beralih ke Jalan Letjan Suprapto untuk menuju Yogyakarta bagian selatan.

“Akibatnya, volume kendaraan di ruas jalan tersebut meningkat,” katanya.

Meskipun demikian, Windarto mengatakan, uji coba semi pedestrian di Jalan Malioboro akan tetap dilanjutkan dengan berbagai skema, termasuk nantinya menutup Jalan Suryatmajan dan Jalan Pajeksan. Kedua ruas jalan tersebut akan diberlakukan dua arah seperti jalan sirip lainnya di Malioboro.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement