Ahad 02 Feb 2020 20:40 WIB

Sekda Lampung: Seleksi CPNS Transparan

Seleksi CPNS tanpa dipungut biaya atau intervesi dari pihak mana pun.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto mengklaim Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) 80.098 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lampung berlangsung tanpa intervensi pihak manapun. Menurut dia, CPNS yang lolos SKD hanya peserta terbaik.

“Saya pastikan, yang akan diterima sebagai CPNS pada tahun 2020 ini hanya peserta terbaik yang telah Iolos seleksi administrasi, Test Kompetensi Dasar (TKD) dan Test Kompetensi Bidang (TKB) dengan menggunakan Computer Assited Test (CAT), tanpa intervensi dari pihak dan lembaga manapun,” kata Sekaprov Lampung Fahrizal Darminto di sela-sela kunjungan di Institut Teknologi Sumatera, Lampung, Ahad (2/2).

Baca Juga

Fahrizal, mantan Ketua Bappeda Lampung tersebut menegaskan, pengadaan CPNS Provinsi Lampung mengedepankan prinsip transparansi tidak dipungut biaya apapun, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Ia berharap peserta tes bersunguh sungguh, junjung tinggi sikap sprotivitas dan kejujuran dan berdoa.

Ia mengatakan, tuntutan masyarakat terhadap sosok birokrasi sangat besar, seperti dituntut profesional, berkinerja, berkualitas, dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat. Tidak hanya itu, calon birokrat juga dituntut memberi solusi terbaik yang strategis dan aktual sebagai respons atas kebijakan dan permasalahan yang muncul.

 

Fahrizal mengatakan setiap ASN juga harus membekali diri dalam menghadapi tantangan era industri 4.0. era. Era tersebut membutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melek akan teknologi, memiliki kepribadian yang dinamis dan cepat mengambil keputusan.

Untuk menjawab semua tantangan tersebut, lanjut Fahrizal, pemerintah akan melakukan seleksi yang ketat untuk mencari ASN yang berintegritas, dan memiliki loyalitas untuk mengabdi dan bekerja keras.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung Lukman mengatakan,  pelaksanaan SKD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota dilaksanakan hingga 26 Februari 2020. Hasilnya akan diumumkan pada 22 Maret hingga 23 Maret 2020,

Lukman mengatakan, untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) diperkirakan akan dilaksanakan pada 25 Maret hingga 10 April 2020. Hasilnya yang diperkirakan diumumkan pada 27 April hingga 30 April 2020.

Untuk pengumuman sinkronisasi hasil SKD dan SKB pada Seleksi CPNS dijadwalkan pada 1 Mei 2020 yang selanjutnya usul Penetapan NIP diperkirakan pada 1 Mei hingga 10 Juni 2020.

Lukman mengatakan, jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti ujian SKD pada Zona 1, 2 dan Zona 3 sebanyak 80.098 orang, yang akan mengisi sebanyak 3.484 formasi di lingkungan Pemprov Lampung. n Mursalin Yasland

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement