Ahad 02 Feb 2020 23:42 WIB

Pemkot Tangsel Pasang CCTV di Taman Kota 1 BSD

Pemasangan CCTV sebagai upaya meningkatkan keamanan di Taman Kota 1.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Andri Saubani
Jaletreng Riverpark di Taman Kota 2 BSD, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.
Foto: Republika/MGROL116
Jaletreng Riverpark di Taman Kota 2 BSD, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN — Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan memasang sejumlah CCTV di Taman Kota 1 BSD, Serpong, Tangsel, Ahad (2/2). Hal itu sebagai upaya meningkatkan keamanan di taman tersebut.

Dalam acara peresmian ruang terbuka hijau (RTH) di Taman Kota 1 BSD, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, nantinya akan ada petugas Satpol PP Kota Tangsel yang berjaga. Selain itu, CCTV juga akan disediakan di kawasan tersebut.

"Saya titip pesan, saya pernah pasang CCTV di Taman Kota 2, bukannya keamanan yang meningkat malah CCTV-nya yang hilang. Kita mau pasang CCTV itu untuk melindungi masyarakat," katanya.

Di samping itu, dirinya juga menyampaikan, sudah kewajiban pemerintah kota bisa memenuhi 30 persen RTH untuk seluruh wilayah di Kota Tangsel. Lebih lanjut, taman kota itu adalah tempat berinteraksi, bertemu, berkumpul bahkan melakukan aktivitas sesuai dengan hobi dan tujuannya masing-masing.

"Pemerintah paling mudah membangun tapi paling sulit untuk melakukan pemeliharaan, karena itu bantu kami untuk bisa terus menjaga dan memilihara taman kota yang merupakan aset kita semuanya," kata Airin.

Setelah direvitalisasi sejak Oktober tahun kemarin, kini Taman Kota 1 sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Sehingga, mereka bisa memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada.

“Terlebih ruang terbuka hijau perlu disediakan sebab merupakan fasilitas sosial yang sangat dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Toto Sudarto mengatakan, revitalisasi taman itu dilakukan kurang lebih tiga bulan. Diharapkan Taman Kota 1 bisa berkembang lagi dari sebelumnya dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dirinya melanjutkan, penduduk Tangsel saat ini sudah hampir 1,6 juta jiwa, karena itu taman terbuka hijau sangat dibutuhkan. Dengan adanya RTH itu, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik-baiknya

"Revitalisasi taman kota 1, bertujuan untuk meningkatkan dan memanfaatkan ruang terbuka hijau. Walaupun saat ini masih banyak kekurangan. Nanti perkembangannya akan kita tambah lagi disetiap tahunnya. Salah satunya glandongan untuk tempat baca buku," ucap Toto.

Dengan adanya revitalisasi Taman Kota 1 maka pelaku seni hingga komunitas olahraga di Tangsel mempunyai tempat untuk menyalurkan hobi atau aktivitas mereka. Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, food court yang tadinya hanya terletak di satu tempat akan disebarkan ke seluruh titik.

"Di tengah plaza lebih bagus, ada teaternya. Jadi kalau senam ada yang duduk di kiri kanan. Toiletnya juga diperbaiki. Penggunaan taman kota untuk komunitas akan kita buat jadwal. Supaya lebih terawat," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement