Jumat 31 Jan 2020 03:17 WIB

Buaya Muncul di Parit Hebohkan Warga Pasaman Barat

Lokasi kemunculan buaya ini berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Buaya
Foto: AP/David McFadden
Buaya

REPUBLIKA.CO.ID, PASAMAN BARAT- Warga di Jorong Karang Rejo, Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat dikagetkan dengan kemunculan seekor buaya di sebuah parit. Lokasi kemunculan buaya ini berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pasaman, Ade Putra mengatakan pihaknya menerima laporan warga usai kemunculan buaya tersebut pada Senin (27/1).

"Kami mendapat laporan dari Wali Nagari setempat. Setelah itu langsung bergerak ke lokasi," kata Ade, Kamis (30/1).

Ade menyebut BKSDA Resor Pasaman memang kebetulan masih berada di Pasaman Barat. Sebelumnya BKSDA menelusuri jejak tiga ekor buaya yang muncul di Batang Tongar Nagari Aua Kuniang, Pasaman Barat.

BKSDA kata Ade mendatangi kemunculan buaya ini ke Jorong Karang Rejo, Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan. BKSDA menyusuri parit pemukiman warga sejak kemarin malam. Tapi sampai saat ini belum berhasil menemukan individu buaya tersebut. BKSDA baru menemukan jejak buaya. Analisis BKSDA dari ukuran jejak individu reptil tersebut, buaya diprediksi memiliki ukuran 1,5 meter.

Hari ini, BKSDA melanjutkan pencarian agar buaya tersebut tak lagi muncul dan mengagetkan warga setempat. Pemerintahan nagari setempat jata Ade juga sudah mengimbau agar warga berhati-hati bila beraktivitas di sekitar lokasi temuan buaya. Diketahui parit di sekitar kemunculan buaya kerap digunakam warga untuk MCK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement